Singapura (ANTARA News) - Lembaga pemringkat global Fitch, Jumat ini, menurunkan "outlook" pertumbuhan ekonomi Asia pada 2012 menjadi 6,8 persen dari sebelumnya 7,4 persen.

Penurunan ini disebabkan oleh melemahnya perekonomian dunia, namun sepanjang tahun 2011 ini kawasan Asia tumbuh 7,1 persen.

Penurunan ini juga sebagai wujud dari dampak kebijakan-kebijakan ekonomi ketat di sejumlah negara Asia terutama China dan India di mana inflasi tinggi menjadi pusat perhatian tertinggi pemerintahan di negara-negara ini, demikian Fitch seperti dikutip AFP.

Fitch mengoreksi pertumbuhan ekonomi China yang merupakan perekonomian terbesar kedua di dunia, dari sebelumnya 8,5 persen menjadi 8,2 persen, sedangkan pertumbuhan ekonomi India pada 2013 akan turun menjadi 7,5 persen dibandingkan perkiraan semula 8,2 persen.

Fitch juga memperkirakan tingkat inflasi di Asia pada 2012 akan meningkat menjadi 4,9 persen dari perkiraan Juni sebelumnya sebesar 4,7 persen.  Sementara untuk tahun ini inflasi akan meningkat menjadi 5,9 persen dari perkiraan sebelumnya 5,6 persen. (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011