Cilegon (ANTARA News) - Stasiun Kereta Api (KA) yang berada di atas lahan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry di Pelabuhan Merak akan segera dipindahkan.

Stasiun KA Merak yang selama ini berdiri diatas lahan PT ASDP di Pelabuhan Merak, akan segera dipindahkan dalam waktu dekat ini, kata Menteri BUMN Dahlan Iskan pada kunjungan mendadak ke Pemkot Cilegon, Banten, Kamis.

Dia menjelaskan, pemindahan Stasiun KA Merak, yang mengalami kendala, lantaran lokasi yang belum ditemukan, saat ini sudah selesai dan dari pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah menyepakatinya.

"Semua persoalan yang menjadi kendala atas pemindahan Stasiun Kereta Api sudah selesai," katanya.

Dahlan mengatakan, saat ini proses pemindahan ke lahan baru, tinggal diselesaikan antara pihak ASDP dengan PT KAI.

"Semuanya tinggal ASDP dan KAI yang mengurusnya," ujarnya.

Sementara itu, Wali kota Cilegon Tb Iman Ariyadi mengatakan, proses pemindahan Stasiun Kereta Api Merak yang rencananya melibatkan pihak Pemkot Cilegon masih dalam tahap proses pembahasan.

"Masih dalam proses pembahasan, karena semuanya harus dibicarakan secara matang, baik dengan pihak KAI maupun ASDP. Apalagi ini menyangkut dengan pemerintah pusat," katanya.

Diketahui, proses pemindahan Stasiun Kereta Api Merak, sudah mulai dibahas selama satu tahun, namun dari pihak PT KAI belum menanggapinya, lantaran lokasi baru stasiun yang akan digunakan, jauh dari Pelabuhan Merak.

Sementara pihak ASDP sendiri bersikukuh, lahan yang digunakan oleh PT KAI membuat kendaraan yang akan menyeberang ke Bakauheni, Lampung dari Pelabuhan Merak, tidak bisa tertampung, dan harus mengantre di jalan layang Cikuasa Atas Merak.

(ANT-152/R010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011