Banjarmasin (ANTARA News) - Eksploitasi pertambangan di kawasan Pegunungan Meratus Kalimantan Selatan dikhawatirkan mengancam persediaan air bersih untuk wilayah itu.

"Masalahnya sebagian besar bahan baku yang diolah menjadi air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) wilayah ini bersumber dari kawasan Pegunungan Meratus," kata Kepala Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin itu.  Ir Fajar Desira kepada ANTARA di Banjarmasin, Jumat.

Pernyataan Fajar Desira yang juga  mantan Direktur Teknik PDAM Banjarmasin tersebut menanggapi adanya rencana penambangan batu bara oleh sebuah perusahaan di Pegunungan Meratus.

Menurut Fajar Desira, Pegunungan Meratus adalah kawasan resapan air yang merupakan hulu dari sungai-sungai yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, untuk kawasan Banua Anam (enam kabupaten Utara Kalsel) maupun daerah Tanah Bumbu.

Selain itu Pegunungan Meratus merupakan wilayah resapan air dari sungai yang mengalir ke Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin.

"Bila kondisi pegunungan itu rusak maka sudah dipastikan wilayah ini akan kehilangan air tawarsebagai sumber bahan baku air bersih," kata Fajar Desira.
(H005)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011