Antofagasta (ANTARA News) - Juara bertahan, Nasser Al-Attiyah, mengundurkan diri dari Reli Dakar edisi 2012 pada Selasa, ketika mobil Hummer tunggangannya kembali bermasalah, demikian dilaporkan oleh penitia penyelenggara.

Pereli asal Qatar tersebut telah dihinggapi berbagai masalah sejak awal reli, yang dimulai di Mar Del Plata, pada malam tahun baru, lapor AFP.

Ia menyelesaikan etape kesembilan pada Selasa, dengan selisih delapan menit dari pemenang lomba, Stephane Peterhansel, setelah sebelumnya kehilangan sepuluh menit pada etape pertama.

Al-Attiyah, yang berharap dapat berpartisipasi untuk ketiga kalinya di Olimpiade dengan mengikuti cabang olahraga menembak, kehilangan banyak waktu ketika ia terpaksa tiga kali berhenti, pada perjalanan sejauh 556 km antara Antofagasta dan Iquique.

Laporan awal menyebutkan kalau mobil Hummernya mengalami masalah pada alternator.

Ia memutuskan untuk mencatatkan waktunya pada 174 km sebagai waktunya di etape tersebut, meskipun ia mengalami masalah mesin. Ia masih mampu menorehkan waktu tercepat kedua, dan yang ketujuh di keseluruhan etape.

Di antara berbagai problem mesinnya adalah kerusakan radiator dan roda cadangan yang bermasalah.

Pada awal etape kedelapan, ia sempat menyatakan, "Saya tahu semuanya akan berjalan mulus, dan kita lihat saja seberapa jauh kami dapat melaju."  (RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012