Jakarta (ANTARA News) - Jika hari ini Anda berusaha mencari data online berbahasa Inggris ke Wikipedia, maka akan ada tulisan berlatar belakang gelap berbunyi Imagine a World Without Free Knowledge.

Artinya, "Bayangkan dunia tanpa pengetahuan yang bebas (didapat)."

Di bawahnya tertulis sebuah kalimat dalam Bahasa Inggris yang artinya, "Selama lebih dari satu dekade, kami meluangkan jutaan jam untuk membangun ensiklopedia terbesar dalam sejarah manusia. Saat ini, Kongres AS tengah membuat legislasi yang bisa merusak secara fatal internet bebas dan terbuka.  Selama 24 jam, demi meningkatkan kewaspadan, kami menutup (sementara) Wikipedia."

Penutupan akses ini hanya tertuju pada konten-konten berbahasa Inggris, sedangkan tema atau subyek online dalam bahasa lain, termasuk Bahasa Indonesia, masih bisa didapatkan.

Mengutip New Scientist, laman internet keenam paling banyak dikunjungi di seluruh dunia ini, memprotes legislasi dua RUU bernama Stop Online Piracy Act (SOPA) dan  PROTECT IP Act (PIPA).

Kedua RUU ini ditujukan untuk melawan pembajakan online, namun sejumlah kalangan menyebutnya mengancam internet.

Sejak Rabu pukul 5 sore waktu AS (Kamis dini hari WIB) sampai esok Jumat dini hari WIB, Wikipedia versi Bahasa Inggris tak akan bisa dinikmati lagi sebagaimana biasa.  

Tak hanya Wikipedia, sejumlah laman internet juga berhenti sementara, diantaranya situs berita sosial Reddit dan blog berita Boing Boing, tepat pada hari di mana SOPA menggelar dengar pendapat dengan Kongres AS.

Dengar pendapat itu kabarnya ditunda menyusul protes Gedung Putih, namun pendiri Wikipedia Jimmy Wales menyatakan, protes akan jalan terus.  Dalam Twitter-nya, Wales menyebut PIPA sebagai ancaman hidup. (*)

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012