Tangerang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menyebutkan ratusan rumah di tiga desa di Kelurahan Kota Bumi, Kecamatan Pasar Kemis, rusak diterjang puting beliung.

Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan di lapangan, di Desa Kota Bumi yakni Perumahan Kota Bumi 2 terdapat 344 rumah rusak.

"Dari total 700 kepala keluarga disini, 344 rumah mengalami kerusakan seperti atap yang hancur hingga bangunan yang rubuh," kata penanggung jawab posko desa kota bumi, Nurdin di Tangerang.

Sementara itu, di desa Pagadegan tercatat 40 rumah rusak seperti tertimpa pohon hingga atap yang tersapu angin puting beliung.

Sedangkan di Desa Sukamantri di RT01/01 terdapat 53 rumah rusak dengan 15 diantaranya mengalami rusak berat.

"Di desa sukamantri terdapat 10 orang yang mengalami luka - luka karena tertimpa genting saat peristiwa," kata Soleh, RT 01/01 desa sukamantri.

Perlu diketahui, tiga desa di Kelurahan Kota Bumi, Kecamatan Pasar Kemis, yakni desa Sukamantri, Desa Kota Bumi dan Desa Pagadegan di terjang puting beliung pada hari Kamis (26/1) malam.

Akibatnya, ratusan bangunan mengalami kerusakan. Nantinya, bagi warga yang rumahnya rusak akan mendapatkan bantuan dari Pemkab Tangerang sesuai dengan kategori.

"Kami sudah minta kepada lurah agar mendata rumah rusak untuk diberikan bantuan oleh Pemkab," kata Camat Pasar Kemis, Sudrajat.

Kepala Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tangerang, Arsyad Husein mengatakan untuk warga yang rumahnya mengalami rumah rusak total maka akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 3 juta.

Sedangkan untuk kerusakan kategori sedang mendapat bantuan Rp 2 juta. Dan, kerusakan ringan sebesar Rp 1 juta.

Pantauan dilapangan, sejumlah warga masih sibuk memperbaiki rumahnya yang rusak seperti genting dan perabot rumah tangga yang tertimpa puing bangunan.

Warga juga mengeluhkan aliran listrik yang sejak pukul 8 malam kemarin, belum menyala karena sejumlah kabel terputus.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012