Jakarta (ANTARA News) - Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) yang merupakan instansi di bawah Kementerian Riset dan Teknologi meraih sertifikat ISO 9001:2008.

Direktur PP-IPTEK, Sukro Muhab, dalam surat elektronik (surel) yang diterima ANTARA News di Jakarta, Senin siang, mengatakan bahwa perolehan sertifikat ISO 9001 versi 2008 ini sebagai bukti institusinya telah memberikan pelayanan prima kepada para pelanggan.

"Pelayanan prima merupakan sesuatu yang harus dipenuhi untuk tetap menjamin kepuasan pelanggan saat berkunjung," kata Sukro Muhab.

Dijadwalkan, kata dia, penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 ini oleh Sekretaris Menteri Negara Riset dan Teknologi (Sesmenristek), Mulyanto, pada hari Selasa, 31 Januari 2012.

Ia menjelaskan bahwa PP-IPTEK adalah suatu tempat pembelajaran nonformal yang menyajikan berbagai alat peraga sains yang interaktif dan dapat disentuhmainkan langsung oleh pengunjung.

Sejak awal berdiri pada tahun 1991, kata Sukro Muhab, PP-IPTEK telah dikunjungi oleh lebih dari 300 ribu orang  per tahun. Sebagian besar dari pengunjung adalah pelajar.

Untuk dapat tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengunjung, PP-IPTEK telah menjalankan sistem manajemen mutu dengan menerapkan "Quality Control Circle"(QCC) di setiap bagian sejak beberapa tahun yang lalu.

Ia mengemukakan tidak hanya dari segi pelayanan prima, PP-IPTEK juga berusaha menjaga kepuasan pelanggan melalui pengembangan alat peraga di galeri.

Saat ini, kata dia,  PP-IPTEK telah memiliki lebih dari 300 alat peraga sains yang terbagi atas 15 wahana,  seperti wahana Listrik dan Magnet, wahana Mekanika, dan wahana Matematika.

(D007)

Pewarta: D.Dj. Kliwantoro
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2012