Jakarta (ANTARA) - Ford Motor menarik 634 ribu kendaraan sport utility vehicle (SUV) di seluruh dunia atas risiko kebakaran dari kemungkinan injektor bahan bakar yang retak. Perusahaan akan mendesak pemilik untuk memeriksakan mobil mereka.

Produsen mobil nomor dua di Amerika berdasarkan penjualan itu mengatakan penarikan tersebut mencakup SUV Bronco Sport dan Escape model tahun 2020-2023 dengan mesin 3 silinder, 1,5 liter, termasuk banyak yang juga ditarik pada bulan April karena rumah pemisah oli dapat retak dan menimbulkan kebocoran yang dapat menyebabkan kebakaran mesin.

Reuters pada Jumat melaporkan bahwa kendaraan yang diperbaiki berdasarkan penarikan sebelumnya masih memerlukan perbaikan penarikan baru, kata Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) AS.

Baca juga: Ford investasikan Rp84 triliun bangun pabrik terbesar dan tercanggih

Ford mengatakan saat mesin di SUV yang tercakup dalam penarikan terbaru beroperasi, injektor bahan bakar yang retak dapat menyebabkan bahan bakar atau uap bahan bakar menumpuk di dekat permukaan yang panas, yang berpotensi mengakibatkan kebakaran di bawah kap mesin.

Setelah perbaikan tersedia, diler akan memperbarui perangkat lunak kendaraan untuk mendeteksi apakah injektor bahan bakar retak dan memberikan pesan pedoman untuk memperingatkan pengemudi.

"Jika penurunan tekanan di rel bahan bakar terdeteksi, tenaga mesin akan secara otomatis dikurangi untuk meminimalkan risiko apa pun, sekaligus memungkinkan pelanggan mengemudi ke lokasi yang aman dan menghentikan kendaraan serta mengatur servis," tambah Ford.

Diler juga akan memasang tabung penguras bahan bakar dari kepala silinder dan jauh dari permukaan panas dan memeriksa bau bahan bakar yang berlebihan di dekat bagian atas mesin.

Penarikan tersebut mencakup sekitar 520.000 kendaraan di Amerika Serikat dan sekitar 114.000 di negara lain.

Ford mengatakan memiliki total 54 laporan kebakaran di bawah kap 1,5 liter, termasuk empat dengan injektor bahan bakar yang retak. Sekitar 13 lainnya mungkin disebabkan oleh injektor bahan bakar yang bocor.

Ford mengatakan tidak memberi tahu pemilik untuk berhenti mengemudikan kendaraan di bawah penarikan ini. Perusahaan memproyeksikan tingkat kegagalan yang rendah untuk injektor bahan bakar yang mengalami kebocoran eksternal.

Tidak ada kematian yang terkait dengan penarikan tersebut. 

Baca juga: Ford tarik kembali 47 ribu Bronco karena kamera parkir belakang

Baca juga: Ford bukukan kerugian bersih 827 juta dolar AS

Baca juga: Ford dan GM rilis laporan penjualan di China pada kuartal ketiga 2022
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022