Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan dan pin 9 Windu Kemerdekaan Republik Indonesia dari Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan (DHD BPK) 45 Provinsi Jatim.

"Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penghargaan serta pin yang telah diberikan kepada saya. Tentunya peran untuk melestarikan dan menanamkan semangat juang ini harus kita emban bersama," kata Khofifah dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Sabtu.

Baca juga: Khofifah dinobatkan jadi Gubernur Terpopuler 2022 di IHI 2022

Penghargaan dan pin yang diberikan di Gedung Juang 45 Surabaya, Jumat (2/12) itu sebagai bentuk apresiasi terhadap peran Gubernur Khofifah dalam upayanya melestarikan dan membudayakan jiwa, semangat, dan nilai-nilai kejuangan Bangsa Indonesia.

Orang nomor satu di Jatim itu mengatakan perlu ada jalinan kerja sama antara DHD BPK 45 Provinsi Jatim dengan bermacam asosiasi perguruan, serta Dinas Pendidikan Jatim untuk menanamkan semangat perjuangan sejak dini dalam diri pelajar.

Baca juga: Gubernur Khofifah raih penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UKM

Sinergi itu bisa dilakukan dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jatim, Dinas Pendidikan Jatim, dan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Jatim.

"Saya mengusulkan supaya DHD 45 Jatim melakukan MoU dengan PGRI, Aptisi, dan Dinas Pendidikan Jatim agar program gerakan nasional implementasi perjuangan kebangsaan bisa lebih komprehensif dilakukan di Jatim," ujarnya.

Menurut Khofifah, melalui sinergi bersama jajaran asosiasi di bidang pendidikan, para guru dapat menanamkan, memupuk, dan mengawal semangat perjuangan dalam diri generasi muda Indonesia.

Baca juga: Gubernur Khofifah raih penghargaan Anugerah Pendidikan dari IGI

"Langkah ini menjadi bagian untuk mendorong gerak cepat gerakan nasional implementasi kejuangan dan kebangsaan," kata Khofifah.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022