Saya mengapresiasi seluruh pencapaian dan kegiatan yang dijalani oleh Taufiq dan Rizky
Depok (ANTARA) - Dua mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia berkesempatan menjalani magang di Unipart Logistics, sebuah perusahaan internasional di Inggris yang bergerak di bidang logistik berskala internasional.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono di Kampus Vokasi UI Depok, Rabu menyatakan bangga atas pencapaian Taufiq dan Rizky.

"Saya mengapresiasi seluruh pencapaian dan kegiatan yang dijalani oleh Taufiq dan Rizky," katanya.

Baca juga: Wira Cipta UI tumbuhkembangkan kemampuan bisnis

Taufiq Hidayat, mahasiswa program studi Akuntansi dan Rizky Fadillah Akbar, mahasiswa program studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria berkesempatan magang di Unipart Logistic setelah sebelumnya lolos dalam seleksi program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards edisi Vokasi (IISMAVO) 2022 di Coventry University, Inggris.

Keduanya berhasil membuktikan bahwa seluruh rangkaian pembelajaran yang dilakukan selama berkuliah di Vokasi UI, berhasil menyiapkan mereka menjadi insan yang berdaya saing global. Semoga apa yang sedang dijalani oleh keduanya dapat menjadi kisah inspiratif bagi mahasiswa lainnya.

Baca juga: Ahli UI soroti data dan analisis K3 yang belum terintegrasi

Dalam menjalani program magang di Unipart Logistics, khususnya pada bagian yang menangani pemenuhan bahan baku untuk Jaguar Land Rover, salah satu perusahaan otomotif multinasional asal Inggris, keduanya dibimbing oleh Prof Benny Tjahjono dari Coventry University, Professor of Sustainability and Supply Chain Management, Centre for Business in Society (CBiS).

CBiS merupakan salah satu pusat riset unggulan di Coventry University yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan terkemuka di Inggris, termasuk Unipart Logistics. Melalui program CBiS tersebut, Taufiq dan Rizky menjadi yang pertama mendapat kesempatan menjalani magang di Unipart Logistics.

Di Unipart Logistics, Taufiq mendapatkan kesempatan untuk berkontribusi langsung pada program magang berbasis proyek riset yang berfokus pada packaging sustainability development.

Baca juga: Inovasi robot kapal bawah air nirawak mahasiswa UI "runner up" KKCTBN

Ia mengakui bahwa hal ini merupakan sebuah kebanggaan karena perusahaan tersebut tengah melakukan transformasi masif agar sistem dan packaging materials yang mereka gunakan dalam praktik bisnis dapat 100 persen ramah lingkungan.

Perubahan tersebut bukan hanya dilakukan dalam rangka menyelamatkan bumi dari kerusakan lingkungan, melainkan juga terdorong oleh kesadaran dan permintaan konsumen yang meningkat, sehingga Unipart Logistics harus mengambil langkah untuk segera memenuhinya.

“Tingginya kesadaran terhadap isu pelestarian lingkungan yang ada di sini, mulai dari tingkat konsumen hingga produsen, patut dicontoh oleh banyak negara, khususnya Indonesia, karena ini merupakan tanggung jawab bersama,” ungkap Taufiq.

Berbeda dengan Taufiq, Rizky mendapatkan proyek yang berfokus pada pengembangan Virtual Reality (VR) untuk pelatihan di warehouse Unipart Logistics.

Dalam kegiatan proyeknya, Rizky terlibat dalam rangkaian kegiatan riset mengenai hardware VR, mengumpulkan aset seperti video prosedur untuk pemrograman gameplay VR, serta menginvestigasi risiko kesehatan dan juga cara memitigasi risiko tersebut.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022