Cilacap (ANTARA News) - Warga mengeluhkan kerusakan sejumlah ruas jalan di jalur selatan Jawa Tengah yang melintasi Kabupaten Cilacap dan Banyumas.

"Jalan nasional Cilacap-Yogyakarta saat ini sudah banyak yang berlubang, terutama di ruas Karangkandri sampai Maos. Bahkan, di jembatan Sungai Serayu Kesugihan-Maos juga banyak lubangnya," kata seorang warga Kecamatan Kroya, Farizi, di Cilacap, Minggu.

Menurut dia, kondisi tersebut sangat menyulitkan pengendara sepeda motor terutama saat hujan lebat malam hari.

"Apalagi banyak truk-truk besar yang lewat dan jalannya ke tengah sehingga kita serba salah, mau tetap di belakang truk tentunya harus sering menerjang lubang, kalau menyalip khawatir di depan ada lubang karena gelap dan hujan," katanya.

Seorang warga Adipala, Gino, mengaku pelek sepeda motornya sudah penyok akibat sering menghantam lubang terutama di ruas Karangkandri-Maos.

Dia mengaku sudah dua kali mengalami pelek penyok akibat jalan rusak.

"Dulu saat motor ini masih baru juga sempat mengalami penyok. Sekarang penyok lagi karena jalanan kembali berlubang. Kalau siang saja sulit memilih jalan yang tidak berlubang, apalagi malam hari di saat hujan lebat," katanya.

Seorang warga Patikraja, Kabupaten Banyumas, Tatang, juga mengeluhkan kondisi jalan Rawalo-Purwokerto terutama di ruas Patikraja-Sidabowa.

Menurut dia, kondisi ruas jalan tersebut sudah banyak terdapat lubang terutama di sekitar Balai Desa Patikraja, Lapangan Patikraja, dan Lapangan Sidabowa hingga Balai Benih Ikan Sidabowa.

"Selain itu, kondisi jalan juga banyak yang bergelombang sehingga pengendara sepeda motor semakin tidak nyaman," katanya.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Balai Pelaksana Teknis Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Wilayah Cilacap Edy Gunawan mengatakan perbaikan atau penambalan jalan yang berlubang terkendala hujan yang sering mengguyur Cilacap, Banyumas, dan Purbalingga.

"Pada prinsipnya kami selalu siap memperbaiki setiap kerusakan jalan karena itu sudah menjadi tugas dan kewajiban kami," katanya.

Dari pantauan ANTARA, jalan berlubang di jalur selatan Jateng juga ditemui di ruas Wangon-Rawalo-Sampang, Lumbir-Karangpucung, dan Wanareja hingga perbatasan Jawa Barat.
(KR-SMT/M029)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012