Program Paten merupakan langkah awal pelimpahan wewenang dari pemerintahan kabupaten kepada pemerintahan kecamatan,"
Serdang Bedagai, Sumut (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, meluncurkan program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) untuk lebih mengefisienkan pelayanan publik di daerah itu.

"Program Paten merupakan langkah awal pelimpahan wewenang dari pemerintahan kabupaten kepada pemerintahan kecamatan," kata Bupati Serdang Bedagai H. T Erry Nuradi, di Sei Rampah, Selasa.

Ia menjelaskan, penerapan program Paten merupakan upaya menuju perubahan sistem pelayanan publik agar semakin lebih cepat, terukur, jelas, dan tepat sasaran bagi masyarakat.

Melalui program ini, lanjutnya, fungsi dan peranan pemerintah kecamatan sebagai pusat pelayanan administrasi akan semakin optimal, termasuk dalam hal melayani permohonan surat izin maupun nonperizinan.

Dalam hal pengurusan administrasi perizinan, menurut dia, warga di Serdang Bedagai kini sudah dapat dilayani di masing-masing kantor camat.

"Penerapan program Paten juga bertujuan meminimalkan kendala yang dihadapi masyarakat selama ini, seperti jarak dan sarana transportasi," ujar Erry.

Dikatakannya, Serdang Bedagai merupakan kabupaten/kota pertama di Sumatera Utara yang menerapkan program Paten.

Terkait dengan penerapan program tersebut, ia mengimbau seluruh jajaran pemerintah kecamatan untuk menjadikan program Paten sebagai momentum langkah maju di bidang pelayanan publik.

Konsistensi dan optimalisasi pelayanan publik tersebut, katanya, akan menjadi salah satu indikator penilaian keberhasilan kecamatan.

Terkait dengan pelaksanaan program Paten, pihaknya tahun ini telah mendistribusikan sarana peralatan kerja, seperti meja, kursi dan lemari kepada enam kecamatan di Serdang Bedagai.

Enam kecamatan itu masing-masing Perbaungan, Sei Rampah, Sei Bamban, Tebing Tinggi, Tebing Syahbandar, dan Kecamatan Dolok Merawan.

"Untuk tahun 2013, Pemkab Serdang Bedagai akan mendistribusikan sarana peralatan kerja yang dibutuhkan untuk mendukung kelancaran tugas pelayanan program Paten di 11 kecamatan," katanya.
(ANT-197/E005)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012