... Semula dia ingin menjual "barang temuan" itu ke tukang loak... "
Jayapura, Papua (ANTARA News) - Warga menemukan 300 butir amunisi di kolam pemancingan Resimen Induk Kodam XVII/Cendrawasih, Cenderawasih, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu. Kolam pemancingan itu terbuka untuk umum.

Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Gede Sumerta, di Jayapura, mengatakan, ratusan amunisi itu ditemukan Yulius Mambiyau (9) saat sedang memancing di kolam tersebut.

Ratusan amunisi itu dibungkus tas plastik hitam yang saat tersangkut di kail atau alat pancing. Semula dia ingin menjual "barang temuan" itu ke tukang loak.

Akan tetapi, kata Sumerta, pengumpul besi tua tidak mau membelinya sehingga barang bukti itu kemudian dibawa ke rumah salah satu ondoafi (kepala suku atau tokoh masyarakat) yang berada di dekat kawasan itu.

Dikatakan, setelah berada barang bukti berada di rumah tokoh masyarakat kemudian dilaporkan kepada anggota polisi yang kemudian langsung datang mengamankan ratusan amunisi.

Saat ini ratusan butir amunisi itu ada di Kantor Direktorat Reserse Kepolisian Daerah Papua. Terdiri dari 278 peluru kaliber 9 milimeter, 20 peluru kaliber 11 milimeter, satu peluru kaliber 38 milimeter, dan juga satu peluru kaliber 5,56 milimeter. 

Sementara itu Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Letnan Kolonel Infantri Jansen Simanjuntak, yang dihubungi terpisah, menyatakan belum tahu-menahu soal itu. "Saat ini saya berada di Timika," kata Simanjuntak. 

(E006/N001)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013