Penjelasan lisan dan tertulis itu akan jadi pegangan saya apakah keterangan yang disampaikan itu sama dengan yang disampaikan kepada penegak hukum."
Jeddah (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sepulang dari kunjungan luar negeri akan memanggil Menteri Pertanian Suswono menanyakan dugaan keterkaitannya dengan kasus yang melibatkan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishak yang jadi tersangka korupsi oleh KPK.

"Saya akan tanyakan secara lisan untuk memperoleh jawaban sejujurnya, kemudian juga saya akan minta jawaban tertulisnya," katanya, Senin, menjawab pertanyaan sebelum bertolak dari Jeddah ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah umroh.

Menurut SBY, pemanggilan itu juga ia lakukan kepada Menpora Andi Mallarangeng (kini mantan) waktu namanya dikait-kaitkan dalam kasus Hambalang.

"Penjelasan lisan dan tertulis itu akan jadi pegangan saya apakah keterangan yang disampaikan itu sama dengan yang disampaikan kepada penegak hukum," katanya.

Presiden mengatakan mekanisme akan bekerja di kabinetnya. Yaitu dipanggil, minta penjelasan lisan dan tertulis.

Selebihnya, Presiden akan menyerahkan semua prosesnya ke KPK. Saat KPK mengumumkan status Andi Mallarangeng sebagai tersangka, yang bersangkutan mengundurkan diri. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013