Beijing (ANTARA News) - Pemerintah China membebaskan biaya tol bagi para pemudik selama liburan Tahun Baru China 2013, sejak Sabtu hingga Jumat (15/2), demikian pernyataan Kementerian Transportasi setempat.

Ketentuan itu berlaku untuk kendaraan dengan kapasitas tujuh penumpang, demikian juga untuk beberapa ruas tol, yang dapat dilintasi kendaraan dengan ketentuan tersebut dan para pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Kebijakan untuk membebaskan biaya tol selama liburan khusus China, seperti Tahun Baru China, diberlakukan untuk menghindari kemacetan di pintu tol yang berujung pada padatnya ruas jalan bebas hambatan pada saat puncak liburan khusus seperti Tahun Baru China.

Kementerian Transportasi memperkirakan ada sekitar 3,1 miliar arus perjalanan selama mudik tahun baru China 2013, yang melalui darat, baik menggunakan bus, kendaraan pribadi maupun kereta api.

Sementara arus perjalanan melalui laut diperkirakan mencapai 43 juta atau naik sekitar 1,5 persen dari tahun sebelumnya.

Pada perayaan liburan Tahun Baru china 2013 pemerintah menyediakan 840 ribu armada bus, dan 13.000 kapal penumpang, dan sekitar 659 gerbong kereta tambahan.

Hingga Jumat (8/2) tercatat sudah enam juta perjalanan dilakukan melalui kereta api, menjelang perayaan Tahun Baru China 2013. Pada hari yang sama tercatat sekitar 300.000 penumpang mudik melalui Bandara Internasional capital Beijng, atau tertinggi sejak dua pekan terakhir.



Lengang

Pada Sabtu, situasi Ibukota Republik Rakyat China, Beijing semakin lengang. Hampir di sejumlah ruas jalan protokol, pusat bisnis, dan pemukiman lengang, masyarakat yang tinggal di Beijing dapat menikmati jalanan yang lengang, bus dan subway (kereta bawah tanah) yang tidak terlalu sesak.

Pemerintah Kota Beijing mencatat, sekitar sembilan juta orang dari 20 juta penduduk kota tersebut telah mudik ke kampung halaman masing-masing, menggunakan kereta api dan pesawat terbang.

Selain itu otoritas setempat juga mencatat 2,7 juta orang meninggalkan Beijing untuk menghabiskan liburan Tahun Baru China 2013 di luar negeri, dan terdapat 700.000 orang yang berlibur menggunakan bus antarkota antarprovinsi.

Liburan Tahun Baru China 2013 akan berlangsung sejak Minggu (10/2) hingga Minggu (17/2). Kementerian Transportasi China menyatakan arus mudik sudah dimulai sejak Sabtu (26/1) dan akan berakhir awal Maret 2013.
(ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013