Beirut (ANTARA News) - Suriah dan Iran pada Sabtu mengecam rencana Amerika Serikat (AS) untuk membantu tentara oposisi yang berjuang untuk menggulingkan Presiden Bashar al-Assad dan menuduh Washington menggunakan standar ganda.

"Saya tidak paham bagaimana Amerika Serikat bisa memberikan dukungan pada kelompok yang membunuh orang-orang Suriah," kata Menteri Luar Negeri Suriah, Walid al-Moualem, dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi, di Teheran.

"Ini tak lain hanya kebijakan standar ganda...  Orang yang mencari solusi politik tidak menghukum orang Suriah," katanya seperti dikutip Reuters.

AS pada Kamis menyatakan akan memberikan bantuan berupa pasokan medis dan makanan untuk pejuang pemberontak dan 60 juta dolar AS untuk membantu oposisi sipil menyediakan layanan dasar seperti pengamanan.

Salehi mengatakan tindakan Amerika Serikat akan memperpanjang konflik Suriah, gerakan yang berubah menjadi perang sipil dan telah menyebabkan sekitar 70.000 orang terbunuh.

"Kalau Anda benar-benar menyesalkan apa yang terjadi di Suriah seharusnya memaksa oposisi duduk di meja perundingan dengan pemerintah Suriah dan mengakhiri pertumpahan darah," katanya.

"Mengapa  Anda malah mendorong oposisi melanjutkan aksi kekerasan ini?" katanya.

Iran dan Russia mendukung  Assad sementara Amerika Serikat dan sekutunya mendukung oposisi.

(ANT)

Penerjemah: Maryati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013