Tokyo (ANTARA News) - Parlemen Jepang Jumat menyetujui penunjukkan Haruhiko Kuroda sebagai gubernur Bank Sentral Jepang (BoJ) dengan harapan gubernur baru itu akan menyalakan api perekonomian.

Majelis tinggi juga memberikan lampu hijau kepada Kikuo Iwata dan Hiroshi Nakaso sebagai deputi Kuroda, lapor AFP.

Partai oposisi utama Jepang memperingatkan akan menolak Iwata -- seorang pendukung kuat pengenduran ekonomi dan pemberian kontrol lebih banyak kepada Tokyo atas BoJ yang independen -- namun lolos nominasi dengan 124 suara mendukung dan 96 suara menentang.

Tim manajemen baru BoJ, yang telah disetujui Majelis Rendah pada Kamis, diharapkan akan bekerja minggu depan.

Kuroda dan para deputinya secara luas diharapkan akan mengantar era baru bagi BoJ karena Tokyo menuntut tindakan lebih banyak untuk mendorong ekonomi terbesar ketiga dunia itu.

Perdana Menteri Shinzo Abe mencalonkan Kuroda, 68, veteran keuangan yang akan mendukung resep belanja besar dan pengenduran moneter agresif perdana menteri untuk mengeluarkan Jepang dari deflasi bertahun-tahun yang telah mengganggu belanja swasta dan investasi korporat.

Selama dengar pendapat pengukuhan parlemen, Kuroda berjanji bahwa dia akan melakukan "apa saja yang mungkin" untuk membalikkan penurunan harga bertahun-tahun, sebaliknya mengecam administrasitor BoJ sebelumnya karena gagal menyelesaikan masalah tersebut.

Koruda telah mengumumkan pengunduran dirinya sebagai kepala Bank Pembangunan Asia yang bermarkas di Manila.(K004)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013