Jakarta, (ANTARA News) - Pameran hasil penelitian dan pengembangan yang diselenggarakan Badan Pengkajian Kebijakan Iklim dan Mutu Industri (BPKIMI) merupakan ajang promosi produk lokal untuk menunjang industri dalam negeri.

"Karena itu, pameran hasil litbang ini diharapkan dapat mendorong masyarakat Indonesia untuk mencintai produk bangsa sendiri," kata Kepala BPKIMI Aryanto Sagala dalam pidato pembukaan pameran yang bertema "Peran Balai Litbang dalam Mendukung Daya Saing Industri Nasional" di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa.

Pameran hasil litbang industri merupakan salah satu rangkaian acara dalam mendiseminasikan hasil-hasil litbang yang setiap tahun diadakan.

Seluruh potensi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) yang dimiliki Balai Besar dan Balai Riset dan Standardisasi Industri (Baristand Industri) yang tersebar di seluruh Indonesia ditampilkan dalam pameran tersebut.

Selan itu, seluruh potensi Iptek tersebut diharapkan dapat menyentuh ke berbagai kalangan baik pengguna, pelaku invensi, inovasi teknologi (kementerian, Lembaga Pemerintah Nonkementerian, universitas dan lembaga-lembaga litbang) serta kalangan industri dari dalam negeri dan luar negeri, khususnya perwakilan negara-negara sahabat.

Pameran tersebut juga diikuti oleh Balai Besar dan Baristand Industri serta mitra binaan balai yang dikelompokkan antara lain bahan bangunan, makanan dan minuman, logam permesinan, kimia dan kemasan serta bahan teknik.

Pameran mulai diadakan sejak 2007 tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan hasil temuan dan teknologi di bidang industri.

Aryanto berharap dengan adanya pameran tersebut bisa meningkatkan kerjasama antarlitbang dengan industri dan memasyarakatkan hasil-hasil kepentingan industri. Dia juga berharap para peserta dapat berinteraksi dan bertransaksi dengan para pengunjung pameran.


Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013