Bandarlampung (ANTARA News) - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) terus melanjutkan pelaksanaan program sertifikasi jurnalis anggotanya melalui uji kompetensi jurnalis di sejumlah kota secara bergiliran, termasuk di Bandarlampung.

Menurut Alwan Ridha Ramdani, pengurus Divisi Serikat Pekerja AJI Indonesia 2011-2014 di Bandarlampung, Minggu, pelaksanaan uji kompetensi jurnalis (UKJ) anggota AJI akan terus berlanjut dan dilaksanakan oleh pengurus AJI kota di seluruh Indonesia, dengan dukungan AJI Indonesia di Jakarta.

Dia menyebutkan, sejumlah pengurus AJI di wilayah Indonesia timur telah menyelesaikan pelatihan calon penguji (training of examiners/ToE) dilanjutkan dengan menggelar UKJ, baik yang tergabung dalam beberapa wilayah terdekat di sekitarnya maupun dalam lingkup provinsi atau daerah bersangkutan.

Pelaksanaan UKJ dan ToE telah digelar AJI Indonesia di Jakarta dan daerah lain di wilayah Indonesia barat dan tengah.

"Beberapa AJI kota di Sumatera juga telah, sedang, dan akan menggelar UKJ di daerah masing-masing," kata jurnalis Merdeka.com yang hadir sebagai utusan AJI Indonesia pada Konferensi VI AJI Kota Bandarlampung itu pula.

Ia mengingatkan pula, agar pengurus baru AJI Bandarlampung yang terpilih dan segera terbentuk hasil Konferensi VI berakhir Sabtu (11/5) petang itu, dapat menyiapkan pelaksanaan UKJ bagi 40-an jurnalis anggota AJI Bandarlampung.

"Sejumlah pengurus AJI di Sumatera termasuk AJI Bandarlampung perlu menyiapkan diri melaksanakan UKJ bagi anggota masing-masing," kata dia lagi.

Dalam Konferensi VI AJI Kota Bandarlampung di aula Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Lampung di Bandarlampung, Sabtu, berhasil terpilih duet pengurus baru periode 2013-2016 Yoso Muliawan (Ketua) didampingi Ridwan Hardiansyah (Sekretaris).

Duet itu bersama anggota formatur terpilih lainnya, harus segera menyusun kepengurusan lengkap AJI Bandarlampung untuk melaksanakan mandat program yang telah disepakati dalam konferensi tersebut.

Mantan Ketua AJI Bandarlampung Oyos Saroso HN mengingatkan jajaran pengurus baru itu untuk lebih gencar lagi mensosialisasikan keberadaan AJI sebagai organisasi profesi pers yang terus memperjuangkan tripanji, kemerdekaan dan independensi jurnalis, peningkatan profesionalisme, dan kesejahteraan jurnalis khususnya di Lampung.

Ketua AJI Bandarlampung terpilih Yoso Muliawan didampingi Sekretaris terpilih Ridwan Hardiansyah mengharapkan dukungan seluruh anggota AJI Bandarlampung dan AJI Indonesia serta stakeholders di daerah ini, sehingga dapat menjalankan amanah yang diberikan untuk memimpin organisasi profesi jurnalis ini dalam tiga tahun ini.

Yoso (redaktur Harian Tribun Lampung) terpilih secara aklamasi sebagai Ketua baru AJI Bandarlampung periode 2013-2016 menggantikan Ketua periode sebelumnya Wakos Reza Gautama yang telah memimpin tiga tahun terakhir didampingi Sekretaris Padli Ramdan.

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013