Washington (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional pada Kamis mengatakan pihaknya akan mengirimkan sebuah tim ke Spanyol minggu depan untuk persiapan menyusun laporan baru reformasi sektor perbankan negara itu.

Tim staf IMF akan memulai pembicaraan pada Selasa pekan depan di Madrid dengan pemerintah dan perwakilan sektor swasta untuk menghasilkan laporan monitoring independen ketiga IMF tentang sektor perbankan Spanyol, juru bicara IMF Angela Gaviria mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Laporan ini merupakan bagian dari bantuan teknis yang diberikan oleh staf IMF yang disetujui pemerintah Spanyol dan mitra Eropa pada Juli 2012," kata Gaviria seperti diberitakan AFP.

Sebuah laporan awal oleh misi diharapkan disampaikan sekitar 3 Juni dengan akhir laporan disampaikan kepada pihak berwenang Spanyol dan Komisi Eropa pada akhir Juni.


Spanyol sedang berjuang untuk mengatasi akibat "gelembung properti" yang meledak pada 2008 dan memukul sektor perbankan Spanyol.

Pemerintahan Perdana Menteri Mariano Rajoy sedang berupaya untuk memangkas defisit publik tahunan dengan langkah-langkah penghematan di tengah pengangguran tinggi yang telah mendorong aksi protes massa.

Perekonomian Spanyol diperkirakan akan menyusut sebesar 1,3 persen pada 2013 sebelum membukukan pertumbuhan moderat sebesar 0,5 persen pada 2014, menurut perkiraan pemerintah.

Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013