Berbagai kendala yang dihadapi saudara-saudara nelayan kita saat ini tentu saja berdampak langsung pada penurunan pendapatan mereka,"
Cirebon (ANTARA News) - Partai Amanat Nasional (PAN) mengajak semua pihak untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, karena tidak sedikit nelayan di Indonesia yang masih berada di bawah garis kemiskinan dalam kehidupan sehari-hari.

"Berbagai kendala yang dihadapi saudara-saudara nelayan kita saat ini tentu saja berdampak langsung pada penurunan pendapatan mereka," kata Ketua DPP PAN Bima Arya dalam acara Pesta Laut di Desa Gebang Mekar, Cirebon, Jabar, Minggu.

Dalam keterangan tertulisnya, Bima mengatakan saat ini para nelayan mengalami kesulitan untuk bisa memenuhi kedidupan. Berbagai kendala dihadapi masyarakat nelayan seperti meningkatnya pencemaran lingkungan dan biaya melaut yang besar.

Melihat kendala tersebut, melalui semangat berbagi di HUT ke-15 PAN mencoba berbagi kepada seluruh elemen masyarakat nelayan untuk bisa meningkat kehidupannya.

"Kami tidak bisa berpangku tangan melihat para nelayan yang belum bisa menikmati kekayaan laut Indonesia yang melimpah. Padahal jika digarap dengan Optimal maka potensi laut kita sangat besar, dari hasil ikannya dan potensi wisata,” katanya.

Bima mengatakan, PAN selalu ingin menjadi bagian dari masyarakat, yang dapat berkontribusi demi kemajuan dan kemandirian bangsa Indonesia. Adapun tema HUT PAN 2013 sangat sederhana memiliki makna yang mendalam yaitu "Pokoknya Aksi Nyata".

"Masa depan Indonesia bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga membutuhkan kebersamaan dan peran serta seluruh masyarakat dalam menjadikan Indonesia sebagai bangsa dan negara yang lebih baik," kata Bima.

Bima menegaskan, "PAN Pokoknya Aksi Nyata" itu merupakan rangkaian program konkret yang akan terus membangunkan semangat untuk memberikan kontribusi positif di seluruh lapisan masyarakat.

Oleh karena itu, DPP PAN menginstruksikan untuk seluruh keluarga besar PAN hingga lapisan lokal untuk dapat memberikan kontribusi ataupun melakukan Aksi Nyata positif untuk kemajuan masyarakat Indonesia.

Program "Aksi Nyata untuk Nelayan" memberikan bantuan modal dan perlengkapan berlayar untuk masing-masing kelompok nelayan, yaitu peremajaan perahu, sponsor pesta laut, pemberian caping dan baju lengan panjang, tenda kapal untuk setiap nelayan di Desa Gebang Mekar.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013