Bekasi (Antara) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 Jakarta menertibkan sekitar 100 kios yang telah habis masa kontraknya, Sabtu.

"Lahan bekas kios yang berada di depan halaman Stasiun Kranji akan diperuntukkan bagi peningkatan pelayanan kepada penumpang, khususnya sarana perparkiran," kata Kepala Humas PT KAI DAOP 1 Jakarta, Sukendar Mulya, di Bekasi.

Sukendar menjelaskan, jumlah kios yang masih berkontrak aktif tersisa dua kios dan berakhir hingga akhir Juni 2013.

"Yang telah habis masa kontraknya sebanyak 55 kios dan yang sudah dibongkar sendiri sebanyak sembilan kios. Sehingga sisanya sebanyak 48 kios, namun yang akan dibongkar sebanyak 46 kios," katanya.

Pihaknya juga akan menertibkan kios yang tidak berkontrak sebanyak 108 unit lapak pedagang kaki lima dan sudah membongkar sendiri sebanyak 65.

"Jadi total kios yang kita bongkar sebanyak 100 unit," ujar Sukendar.

Sukendar menambahkan, sebelumnya pembongkaran yang telah berjalan di Stasiun Kranji merupakan inisiatif pemilik kios dengan membongkar sendiri bangunan kiosnya, karena masa sewanya telah berakhir.

"Kami berterima kasih kepada para pemilik dan penyewa kios di Stasiun Kranji untuk membongkar sendiri bangunan kiosnya. Sehingga barang dagangan tidak rusak dan material bekas kios bisa dimanfaatkan kembali," ujar Sukendar.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013