Wyoming (ANTARA News) - Dua taman nasional Amerika, Yellowstone dan Grand Teton mengeluarkan peringatan mengenai penyakit pencernaan yang telah menyerang setidaknya 200 orang di taman nasional itu di awal liburan musim panas.

Peringatan kesehatan ini dikeluarkan, berkaitan dengan kemungkinan penyebaran norovirus, yang muncul pada pekan-pekan awal musim liburan di dua taman nasional yang tahun lalu menyedot sekitar enam juta pengunjung.

Pengelola Taman Nasional di baratlaut Wyoming itu menyarankan agar pengunjung mencuci tangan untuk mencegah penularan virus yang menyebabkan penyakit mirip flu dengan gejala diantaranya sakit perut dan muntah-muntah, kata petugas taman nasional, seperti yang dilaporkan Reuters.

Mereka juga menyarankan pengusaha seperti restoran dan fasilitas penginapan untuk meningkatkan kebersihan dan mensterilkan kawasan publik serta meminta pekerja yang berpotensi tertular untuk mengisolasi diri hingga benar-benar bebas dari gejala penyakit tersebut setidaknya selama 72 jam.

Satu kelompok tur yang mengunjungi Yellowstone, tempat mata air panas Old Faithful berada, pertama kali pada 7 Juni mengeluhkan gejala yang terhubung dengan norovirus, penyebab utama penyakit pencernaan di AS, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Penyakit tersebut telah menyerang 100 orang pekerja Yellowstone, 50 pekerja Grand Teton, dan setidaknya 50 pengunjung, kata petugas taman nasional.

Peringatan tersebut muncul setahun setelah Taman Nasional Yosemite, September lalu, memperingatkan 230 ribu pengunjungnya mengenai penularan hantavirus yang telah menginfeksi sembilan pengunjung dan menewaskan tiga orang.


(S022)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013