Tripoli (ANTARA News) - Pertempuran meletus di ibu kota Libya pada Rabu ketika sejumlah pria bersenjata dari kota barat Zintan mencoba untuk membebaskan lima kawan mereka yang ditangkap oleh mantan pemberontak, kata sumber keamanan kepada AFP.

Bentrokan-bentrokan dengan menggunakan senjata kecil dan senjata berat pecah di daerah Abu Slim dekat pusat Tripoli, kata seorang wartawan AFP dan saksi mata.

Tembakan dari senjata berat terdengar di beberapa daerah di pusat, sementara gumpalan asap naik ke langit di atas Abu Slim, kata wartawan AFP di tempat kejadian.

"Itu adalah perang di sini," kata Meftah, warga daerah, kepada AFP.

Pemberontak dari Zintan pertama kali memasuki Tripoli pada Agustus 2011, ketika mereka membantu mengusir pasukan yang setia kepada mantan diktator Moamar Gaddafi keluar dari ibu kota.

Sejak itu, beberapa kelompok telah tinggal di ibu kota dan memiliki bekas pangkalan militer yang diduduki dan lembaga-lembaga negara lainnya.

Pada Selasa, sekelompok orang bersenjata dari Zintan menyerang markas instalasi bensin penjaga, untuk alasan yang belum jelas, sebelum kelompok-kelompok mantan pemberontak lainnya campur tangan dengan kekuatan untuk menghentikan mereka.

Para anggota otoritas politik tertinggi negara itu, Kongres Umum Nasional, mengatakan dalam satu pernyataan pada Rabu bahwa bentrokan malam sebelumnya di pinggiran Tripoli Salaheddin telah menewaskan lima orang.

Pihak berwenang, yang berjuang untuk membentuk tentara dan polisi profesional, secara teratur menggunakan mantan pemberontak untuk mengamankan perbatasan atau untuk campur tangan dalam konflik suku.

Pemerintah telah gagal melucuti senjata dan membubarkan bekas kelompok pemberontak yang melaksanakan hukum di beberapa bagian negara.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013