Jakarta (ANTARA News) - Dokter kecil merupakan program penggerak hidup bersih dan sehat yang melibatkan peran serta masyarakat secara aktif, terutama di lingkungan sekolah melalui pendekatan kelompok teman sebaya, kata General Manager Yayasan Unilever Indonesia Sinta Kaniawati.

"Dokter kecil juga merupakan salah satu ujung tombak keberhasilan dalam meningkatkan kesehatan siswa pada anak tingkat sekolah dasar," katanya.

Ia mengatakan, salah satu produk sabun Unilever, Lifebuoy telah merevitalisasi program dokter kecil sejak 2005 yang diinisiasi oleh pemerintah.

Menurut dia, pembinaan dokter kecil merupakan upaya untuk meningkatkan kesehatan anak Indonesia yang dinilai sangat penting dan berguna bagi masa depan mereka.

"Sebanyak 107.756 dokter kecil hasil binaan kami yang duduk di bangku Sekolah Dasar di 10 provinsi Indonesia, kini telah menjadi agen perubahan yang memberi teladan di lingkungannya," ujarnya.

Sinta mengemukakan, di Hari Anak Nasional, Lifebuoy merayakan peran para dokter kecil sebagai teladan dan wujud nyata anak Indonesia yang sehat, cerdas, tangguh dan mandiri.

Dokter Kecil SDN 08 Pondok Kopi Farah mengatakan pembinaan dokter kecil yang diikutinya memiliki manfaat yang baik bagi dirinya dan sering mengingatkan teman dan keluarga untuk tidak lupa mencuci tangan dengan menggunakan sabun untuk menjaga kesehatan.

Pewarta: Stellla Panduarsa
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013