CCTV dipasang di seluruh areal pelabuhan, termasuk dermaga I dan II."
Kalianda, Lampung Selatan (ANTARA News) - Sebanyak 70 unit closed circuit television (CCTV) dipasang di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Lampung Selatan untuk memantau dan mencegah ancaman keamanan kepada para penumpang saat angkutan mudik dan balik Lebaran tahun 2013 ini.

Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni AKP Harto Agung Cahyono, di Kalianda, Selasa, mengatakan bahwa sebanyak 70 unit CCTV itu dipasang di seluruh areal pelabuhan yang lokasinya strategis dan menjadi pusat aktivitas pemudik.

Ia menyebutkan, kamera pengawas itu nantinya akan dipasang, di antaranya di terminal, tempat parkir, tangga pejalan kaki, ruang tunggu, dan loket elektronik kawasan Pelabuhan Bakauheni.

"CCTV dipasang di seluruh areal pelabuhan, termasuk dermaga I dan II," kata dia lagi.

Menurut dia, dengan pemasangan CCTV ini, pihaknya akan mudah memantau seluruh kawasan pelabuhan dan meminimalkan adanya tindak kejahatan yang mengancam pemudik.

Harto mengharapkan para pemudik hendaknya tetap waspada, agar tidak mudah menjadi korban aksi kriminalitas di pelabuhan itu.

Sejumlah titik juga akan disiagakan para petugas kepolisian untuk menjaga para pemudik yang akan menyeberang melalui pelabuhan tersebut.

Harto juga mengatakan, nantinya akan disiapkan juga fasilitas satelit untuk teleconference, sehingga situasi Bakauheni ini bisa terhubung dengan Pusat Pengendali Lalu Lintas Nasional Kepolisian Republik Indonesia (National Traffic Manajemen Centre/NMTC Polri).

Komunikasi jarak jauh untuk di Lampung, pos pengamanan Lebaran akan tersambung dengan Bandara Raden Intan II, Stasiun Kereta Api Tanjung Karang, Terminal Induk Rajabasa, kawasan Bundaran Gajah Bandarlampung, serta titik-titik penting lainnya di Lampung.

Sedangkan untuk titik-titik penting lalu-lintas seperti Pelabuhan Merak dan Nagrek juga bisa terpantau dari Pospam Bakauheni. (B014/N005)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013