... listrik tenaga surya akan membantu menerangi tempat umum..."
Mamuju (ANTARA News) - Penduduk Pulau Karampuang, Kecamatan Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), sangat membutuhkan listrik tenaga surya guna mengatasi kesulitan energi terutama untuk penerangan umum.

"Masyarakat Pulau Karampuang yang hanya berjarak satu kilometer di depan Mamuju, ibu kota Provinsi Sulbar, masih kesulitan listrik," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar, Ismail Zainuddin, di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, pemerintah di Sulbar ingin mengakhiri kesulitan listrik masyarakat di Pulau Karampuang yang berpenduduk sekitar 2.000 jiwa itu dengan berupaya menyediakan listrik tenaga surya.

Menurut dia, pemerintah di Sulbar merencanakan membangun listrik tenaga surya di Pulau Karampuang karena itu sangat dibutuhkan guna mengatasi kesulitan energi pada masyarakat yang dominan berprofesi sebagai nelayan itu.

Ia mengatakan, pemerintah di Sulbar segera menyusun studi kelayakan pembangunan listrik tenaga surya di pulau yang terkenal akan keindahan panorama lautnya itu dan merupakan salah satu tujuan wisata di Kabupaten Mamuju.

"Meskipun tidak dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi warga, namun listrik tenaga surya akan membantu menerangi tempat umum yang diharapkan dapat memperlancar aktivitas masyarakat," katanya.

Ia berharap masyarakat dapat menunggu rencana pemerintah dalam mengatasi kesulitan listrik di Pulau Karampuang.

"Kami akan terus memenuhi kebutuhan yang sangat mendesak di pulau yang menjadi salah satu keindahan kota Mamuju itu," katanya menambahkan.

Pewarta: M. Faisal Hanapi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013