Daripada nganggur di kampung lumayan dapat kerja di sini'
Depok (ANTARA News) - Bus-bus yang membawa pemudik mulai berdatangan di terminal Kota Depok, Jawa Barat, di Jalan Margonda Raya pada arus balik Lebaran, Minggu.

Para pemudik yang menggunakan bus itu berdatangan setelah menikmati Lebaran di berbagai daerah asal mereka seperti Sukabumi, Pemalang, Tegal, Solo, Banjar, dan Yogyakarta.

"Saya ke sini diajak kakak saya, untuk membantu pekerjaan dia di bidang percetakan," ujar Timan, seorang warga yang datang dari Pemalang, Jawa Tengah, ketika ditemui di Terminal Depok, Minggu.

Menurut dia, bisnis kakaknya di bidang percetakan sedang membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mengerjakan order dari berbagai partai politik.

"Daripada nganggur di kampung lumayan dapat kerja di sini," katanya.

Suharjono yang baru datang dari Solo mengatakan bahwa dirinya belum mengetahui apakah akan dapat kerja di Depok atau Jakarta. Menurut temannya ada beberapa lowongan kerja.

"Saya hanya diajak teman, mau kerja apa saya belum tahu," katanya.

Untuk sementara, kata dia, dirinya akan tinggal bersama temannya di daerah Cimanggis, Depok.

"Nanti teman saya yang akan cariin kerjaan," ucapnya.

Sementara itu, Linda, warga Pemalang Jawa Tengah, mengatakan bahwa dirinya datang ke Depok karena diajak temannya untuk menjadi pembantu rumah tangga.

"Majikan teman saya butuh pembantu satu lagi, jadi saya yang mau kerja di tempat majikan teman saya," ujarnya.

Suasana terminal Depok memang tidak begitu terlihat mencolok dengan kehadiran arus balik tersebut karena jumlahnya yang tidak terlampau banyak.

Beberapa bus terlihat juga tidak menurunkan di terminal Depok, seperti di Simpangan Depok atau daerah Margonda lainnya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013