Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo menduga ada "backing" pabrik sabu di dalam lembaga pemasyarakatan Cipinang Jakarta.

"Kekuatan besar boleh jadi sangat disegani para petugas lapas karena kekuasaan mereka mungkin saja bisa melampaui wewenang Menkumham dan Wamenkumham," kata Bambang Soesatyo melalui surat elektroniknya, Selasa.

Bambang menyebutkan indikasi hal tersebut adalah dari sikap petugas lapas yang berani melanggar aturan dan perintah atasan.

Ditemukannya praktik pabrik sabu di dalam lapas Cipinang Jakarta, pada Selasa (6/8), kata dia, menjadi bukti bahwa petugas lapas sudah tidak takut terhadap aturan dan perintah atasan.

Padahal, Wamenkumham Denny Indrayana sering melakukan inspeksi mendadak ke lapas di sejumlah daerah.

Politisi Partai Golkar ini menegaskan, kemungkinan seperti ini yang perlu didalami Menkumham dan penegak hukumnya lainnya.

Kalau kekuatan dugaan adanya kekuatan besar itu tidak diungkap, menurut dia, maka pabrik sabu di seperti yang beroperasi di dalam lapas Cipinang pasti akan selalu ada.

"Hari ini digerebek, minggu depan pabrik itu akan beroperasi lagi. Bisa juga hari ini digerebek di lapas Cipinang, kemudian ada pabrik sabu yang beroperasi di lapas lain," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013