tak ada obat antivirus untuk mengobati
Brisbane, Australia (ANTARA News) - Wabah norovirus, yang sangat mudah menular, telah menyebar di Queensland Tenggara, Australia, dan 130 kasus dikonfirmasi, demikian laporan media lokal pada Rabu.

Dinas Kesehatan Queensland berusaha mengendalikan wabah tersebut, yang sudah menyerang 130 orang di Ipswich dan di Sunshine Coast.

Rumah Sakit West Moreton dan Dinas Keamanan telah mengidentifikasi 105 pasien dan staf yang tersenrang penyakit itu di sekitar Ipswich dan Boonah, di bagian tenggara negara bagian tersebut, kata Australian Broadcasting Corporation (ABC).

Wabah terbesar menyerang tempat perawatan Ipswich, tempat 55 pasien dan 14 staf telah terinfeksi.

Lebih dari 20 pasien dan staf di Rumah Sakit Ipswich diserang kuman tersebut, sementara seorang pasien dan 13 staf di Dinas Kesehatan Boonah jatuh sakit, kata Xinhua.

Norovirus adalah sekelompok virus yang mengakibatkan gastroenteritis pada orang dengan gejala diare, sakit perut dan muntah.

"Norovirus sangat mudah menyebar dan dapat menyebar dengan mudah dari manusia ke manusia," kata Dinas Kesehatan Queensland di dalam dokumen fakta norovirus yang disiarkan di jejaringnya.

"Saat ini, tak ada obat antivirus untuk mengobati orang yang terserang norovirus dan tak ada vaksin untuk mencegah penularannya," tambahnya.
(C003)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013