Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi IV DPR Firman Subagyo menilai keberadaan World Wildlife Fun for Nature (WWF) sebagai mitra kolaboratif pemerintah di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) sebaiknya digantikan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lokal.

"Sejak tahun 2000 WWF berkiprah di TNTN tidak ada perubahan apapun, sebaliknya kondisi Tesso Nilo semakin parah," kata Firman di Jakarta, Selasa.

Menurut dia pemerintah sebaiknya menunjuk LSM lokal yang tidak terafiliasi dengan WWF.

"Mereka (LSM lokal) pastinya lebih memahami karakter dan budaya masyarakat sehingga advokasinya akan lebih mudah,"" kata Firman.

"Aktivitas WWF seperti proyek wisata alam dan patroli gajah, juga hanya sekedar make-up untuk melayani kampanye lingkungan global dan penggalangan dana dibanding untuk menghasilkan pembangunan berkelanjutan yang kerap digembar-gemborkannya," katanya.

Pada kesempatan itu Firman juga menyesalkan sikap bintang Film Harrison Ford yang datang atas undangan WWF terhadap Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan.

"Harrison Ford seharusnya bersikap lebih santun dan tidak langsung menuding pemerintah tidak mampu mengusir perambah di TNTN. Ini bukti WWF mau lempar batu sembunyi tangan dengan menuding pemerintah Indonesia seolah-olah tidak becus," kata dia.

Pewarta: Subagyo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013