Jeddah (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan terima kasih kepada Raja Saudi Arabia atas pelayanan yang baik terhadap jamaah haji Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Amirul Hajj sekaligus Menteri Agama Suryadharma Ali kepada Menteri Urusan Haji Arab Saudi Bandar Hajjar di Jeddah, Sabtu.

"Atas nama Presiden dan jamaah Indonesia, saya sampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Arab Saudi terhadap pelayanan yang baik selama musim haji tahun ini," katanya usai pertemuan.

Meskipun demikian, Indonesia akan memberikan sejumlah masukan agar pelayanan semakin baik pada tahun-tahun mendatang.

Menag menilai ada perbaikan dalam berbagai bidang pelayanan, seperti transportasi selama puncak haji, katering di Armina, baik yang dilakukan oleh muassasah maupun muta`ahhidin serta kesiapan semua lantai Masdjidil Haram untuk tawaf ifadah.

"Alhamdulillah, pada tahun ini, tak ada satu pun kasus keracunan yang dialami oleh jemaah haji Indonesia," tuturnya.

Suryadharma pun mengapresiasi perbaikan mutu pada sejumlah fasilitas seperti adanya toilet di Arafah yang dibangun bertingkat meski belum semua ada di setiap maktab.

Suryadharma mengaku sebenarnya sudah tak sabar ingin menyampaikan kritik dan solusi kepada Menteri Haji Bandar Hajjar namun momemtumnya kurang tepat kalau disampaikan pada pertemuan itu.

"Menteri Haji Arab Saudi berjanji akan segera mengundang kami untuk mendapat masukan. Insya Allah dalam dua bulan ke depan," katanya

Beberapa masukan kepada Pemerintah Arab Saudi tersebut antara lain pemasangan penunjuk arah dalam bahasa Indonesia dan berharap renovasi Masdjidil Haram selanjutnya bisa selesai sebelum musim haji tiba sehingga tidak ada pemotongan kuota haji.

Usulan soal kuota itu berkaca dari kenyataan yang terjadi tahun ini dimana pemotongan lantai tawaf bisa selesai sebelum waktu puncak haji.
(B013/Z003)

Pewarta: Budi Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013