Beverly Hills (ANTARA News) - Bintang asal Hong Kong, Jackie Chan, yang pada festival film Cannes tahun lalu menyatakan akan pensiun dari film laga kini mengatakan bahwa setelah satu dasawarsa merenung untuk berhenti ia akan membiarkan tubuhnya memutuskan.

"Ketika saya berumur 40 sekian media bertanya dan saya menjawab lima tahun lagi, lalu lima tahun dan lima tahun hingga sekarang," kata aktor kungfu itu dalam suatu wawancara untuk promosi film laga China berjudul "Chinese Zodiac".

"Enam bulan lagi saya akan genap 60 tahun. Dan saya akan melihat seberapa jauh bisa bertahan sampai tubuh saya mengatakan, 'berhenti'," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters.

Chan yang terkenal dengan permainan terbang tinggi dan permainan keras lain telah tampil dalam lebih dari 100 film dan kini menulis, menyutradarai serta menjadi produser filmnya sendiri di Asia.

"Saya terluka. Jadi sangat melelahkan, tidak seperti sebelumnya," kata aktor yang telah 50 tahun malang-melintang dalam dunia film laga itu.

Satu-satunya tanda penuaan yang terlihat pada Chan adalah kerutan di sekitar mata. Tubuhnya masih bagus, namun dia tisak mengungkap rahasianya untuk tetap seperti itu.

Ketika karir Chan memasuki masa senja ia mengeluh tentang bagaimana Hollywood akan memaksanya memakai pemeran pengganti untuk pengambilan gambar adegan berbahaya karena ia yakin studio-studio Hollywood tidak akan memintanya memainkan peran dramatik.

"Kemudian saya akan melanjutkan (karir saya) karena malang saya, tak ada orang di Hollywood yang akan membuat 'Kramer vs. Kramer' (atau) sesuatu seperti 'Sound of Music' - sebenarnya saya penyanyi yang cukup bagus-- dan tak ada yang meminta saya bermain dalam film-film seperti ini," katanya merujuk pada drama keluarga tahun 1979 dan film musikan tahun 1965.

"Yang kita semua pikir tentang Jackie Chan adalah : Chris Tucker, 'Rush Hour' satu, dua dan tiga ... selalu film laga-komedi, komedi-laga," katanya mengenai film laga komedi yang membantunya melekatkan nama di Hollywood 15 tahun lalu.

Dia berharap suatu saat ada produser atau sutradara Hollywood yang memintanya bermain film drama.  "Saya akan sangat menghargainya," kata dia.

Namun dia yakin itu tidak akan pernah terjadi. "Mengapa? "Karena penonton tidak biasa melihat Jackie Chan dalam film drama," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa aktor laga tidak bisa bertahan selama aktor film drama.

"Saya melihat banyak bintang film laga datang dan pergi, dan datang dan pergi. Bintang laga tidak bisa bertahan terlalu lama, tidak seperti drama, aktor sejati seperti Robert De Niro, Dustin Hoffman, mereka bertahan selamanya."

(Uu.M007)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013