Yogyakarta (ANTARA News) - Himpunan Pramuwisata Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta siap mempromosikan pasar seni dan kerajinan Yogyakarta "XT-Square" kepada wisatawan.

"Kami memiliki 450 anggota yang semuanya akan membantu mempromosikan pasar seni dan kerajinan `XT-Square` kepada tamu-tamu atau wisatawan yang mereka bawa," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DIY Imam Widodo di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, pasar seni dan kerajinan Yogyakarta "XT-Square" memiliki potensi yang cukup baik untuk menjadi tujuan wisata di Kota Yogyakarta karena lokasi yang strategis dan jenis barang yang dijual di pasar tersebut cukup diminati oleh wisatawan luar daerah.

Imam menambahkan, untuk meramaikan pasar seni dan kerajinan tersebut membutuhkan proses yang panjang dan memakan waktu, sehingga pedagang juga perlu sabar.

Selain akan mempromosikan pasar seni dan kerajinan, DPD HPI DIY juga memindahkan kantor sekretariat ke komplek XT-Square untuk memudahkan koordinasi dengan pedagang.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013