...memungkinkan kami masuk pasar mancanegara dengan harga paling rendah...
Rio de Janeiro (ANTARA News) - Brazil akan memproduksi vaksin campak untuk diekspor ke negara berkembang di Afrika, Asia, dan Amerika Latin, kata pejabat senior kesehatan di negeri tersebut, Senin.

Vaksin pertama Brazil yang ditujukkan ke pasar global akan diproduksi oleh Bio-Manguinhos Lab, bagian dari Oswaldo Cruz Foundation -- instalasi penelitian kesehatan yang dikelola negara dan terkenal di Brazil di Rio de Janeiro, melalui kerja sama dengan Bill and Melinda Gates Foundation.

Saat memuji kesepakatan tersebut, Menteri Kesehatan Brazil Alexandre Padilha mengatakan proyek itu akan merangsang produksi lokal dengan tujuan pasar global, dan menciptakan lapangan kerja serta menggerakkan kesejahteraan melalui pembangunan pabrik di Rio de Janeiro.

"Kesepakatan tersebut yang kami tanda tangani akan memungkinkan lebih banyak penanaman modal dan jaminan pembelian, yang akan memungkinkan kami masuk pasar mancanegara dengan harga paling rendah," kata Padilha, sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Ia menambahkan kementeriannya menanam modal 1,6 miliar real (733 juta dolar AS). Selain itu, katanya, teknologi yang diperlukan untuk memproduksi vaksin akan menguntungkan pasar dalam negeri.

Pemerintah berharap 30 juta dosis vaksin akan tersedia secara komersial paling lambat pada 2017, dengan harga masing-masing 54 sen AS, harga paling rendah di dunia.

Hanya satu laboratorium di dunia, yang berada di India, memproduksi vaksin campak -- yang membunuh sebanyak 158.000 anak setiap tahun di seluruh dunia, kebanyakan anak yang berusia di bawah lima tahun.

Sementara itu, Brazil juga akan membuat kemajuan ke arah produksi vaksin guna memerangi demam berdarah dengue, yang seringkali menjadi wabah di berbagai bagian negeri tersebut selama musim panas.

(C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013