Jakarta (ANTARA News) - Agen Pemegang Merk kendaraan Mitsubishi di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) meraih penghargaan dari JD Power atas prestasinya dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui pelayanan penjualan.

Dalam survei JD Power terhadap lebih 2.800 pemilik kendaraan baru dan melibatkan 10 merk kendaraan di Indonesia, Mitsubishi meraih indeks kepuasan pelanggan (Sales Satisfaction Index/SSI) tertinggi yakni 792 poin, menurut Direktur JD Power Asia Pasifik Rajeev Nair dalam acara penyerahan penghargaan No.1 SSI 2013 kepada Mitsubishi di kantor KTB di Pulomas, Jakarta Timur, Selasa.

Penilaian Sales Satisfaction Index 2013, kata Nair, mendasarkan pada tujuh aspek dengan pembobotan berbeda, yaitu proses pengiriman (31%), waktu pengiriman (12%), proses negoisasi (12%), fasilitas dealer (12%), penanganan dokumen/administrasi (11%), tenaga penjualan (11%), dan inisiasi penjualan (9%).

Bagi KTB, itu merupakan penghargaan JD Power yang ketiga kalinya berturut-turut setelah pada 2011 dan 2012 Mitsubishi juga meraih No. 1 dalam indeks pelayanan konsumen (Customers Service Index).

Penghargaan sebagai No.1 SSI  2013 untuk Mitsubishi itu diserahkan secara simbolik oleh Rajeev Nair kepada Presiden Direktur KTB Noboru Tsuji yang didampingi sejumlah direktur lainnya seperti Rizwan Alamsjah, Daisuke Okamoto, serta Operating GM of MMC Marketing Division KTB Duljatmono.

Dalam sambutannya, Noboru Tsuji mengatakan sejak 2008 Mitsubishi melakukan program revitalisasi kendaraan penumpang melalui perbaikan dan peningkatan mutu menyeluruh pada semua aspek mulai dari peningkatan varian, kualitas produk, pengembangan jaringan dan fasilitas dealer, serta kemampuan sumber daya manusia secara menyeluruh.

Sebagai acuan bagi dealer, Mitsubishi telah menetapkan standar pelayanan baru dengan semangat yang disebut "Only in Mitsubishi", sebagai komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik untuk kepuasan pelanggan.

Standar pelayanan ini meliputi seluruh aspek mulai dari proses penjualan sampai dengan layanan purna jual yang mencakup fungsi dan tugas seluruh jajaran dealer mulai dari tingkat pimpinan tertinggi hingga cleaning service dan office boy, sebagai suatu kesatuan yang mempunyai peranan besar dalam memberikan pelayanan untuk kepuasan pelanggan.

"Konsep pelayanan ini merupakan spirit, cara, dan komitmen Mitsubishi, dimana kami tidak hanya menjual produk namun yang utama adalah kepuasan, sehingga pelanggan merasa menjadi bagian dari keluarga besar Mitsubishi," kata Noboru Tsuji.

Sekarang ini Mitsubishi memiliki jaringan 221 dealer resmi di seluruh Indonesia dan akan terus bertambah, berikut peningkatan-peningkatan sarana dan fasilitas pendukung showroom dengan standar kualitas tinggi.
Pewarta: Suryanto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013