Tondano, Manado (ANTARA News) - Sedikitnya 3.500 pegawai negeri sipil dari seluruh di Tanah Air berpartisipasi dalam Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai RI XII di Manado, Sulawesi Utara.

Penasihat Dewan Pengurus Korpri Nasional, sekaligus Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar mengatakan acara lima tahunan sekali tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mewujudkan Korpri yang menyejahterakan masyarakatnya.

"Penyelenggaraan Pornas Korpri XII bisa dikatakan berhasil apabila sukses dalam penyelenggaraanya, sukses prestasi dan sukses promosi daerah," kata Azwar dalam upacara pembukaan Pornas di Stadion Maesa, Tondano, Manado.

Selain itu, penyelenggaraan Pornas Korpri juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk memperkuat tali silaturahmi antar-pegawai negeri sipil di Tanah Air.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Korpri Nasional, sekaligus Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Diah Anggraini mengatakan Pornas XII itu merupakan wujud nyata dan implementasi Program Nasional Korpri periode 2009-2014.

"Penyelenggaraan Pornas ini sebagai upaya meningkatkan kebijakan dan kesejahteraan anggota Korpri di Tanah Air dalam menjalankan tugasnya sehari-hari sebagai abdi Negara," kata Diah.

Pornas Korpri XII di Manado mempertandingkan tujuh cabang olahraga yang diikuti oleh kontingen dari 33 pemerintah provinsi dan 29 kementerian dan lembaga Pemerintah non-kementerian, antara lain Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan, Setjen DPD RI, Setjen DPR RI, Lembaga Sandi Negara, dan Badan Pusat Statistik.

"Melalui Pornas XII, anggota Korpri dapat meningkatkan kinerja, disiplin dan produktivitas serta memperteguh persatuan dan kesatuan dalam suasana kekeluargaan," ujar Diah.

Pornas Korpri XII berlangsung mulai mulai Kamis (21/11) dan akan ditutup pada 29 November bertepatan dengan perayaan ulang tahun Korpri. (F013/Z002)

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013