Padangpariaman, Sumbar (ANTARA News) - Empat pesawat udara dialihkan pendaratannya dari Bandara Internasional Minangkabau Padangpariaman akibat hujan deras yang mengguyur kota Padang sejak Selasa pagi.

Empat pesawat tersebut yaitu dua pesawat Lion Air rute Jakarta-Padang yang mendarat di Medan dan Pekanbaru serta maskapai Garuda Indonesia dan Air Asia dari Kuala Lumpur yang dialihkan ke Pekanbaru, kata Manajer Operasi Bandara Internasional Minangkabau Joko Sudarmanto di Padangpariaman, Selasa.

Menurut dia, keputusan untuk mengalihkan pendaratan sepenuhnya kewenangan pilot masing-masing maskapai sebagai bentuk antisipasi akibat cuaca buruk untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Namun, itu hanya sementara, karena siang harinya, ketika cuaca telah membaik aktivitas penerbangan telah pulih kembali, dan pendaratan telah dapat dilakukan dengan baik.

Sementara itu, aktivitas keberangkatan di Bandara Internasional Minangkabau dapat berjalan dengan baik dan tidak terkendala cuaca.

Terkait adanya penumpukan penumpang akibat pemindahan pendaratan tersebut, Joko mengatakan tidak dapat dihindari dan merupakan tanggung jawab maskapai untuk menanganinya.

Pewarta: Ikhwan wahyudi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013