Afrika adalah benua besok, benua masa depan. Sebuah benua yang telah berhasil mencapai pertumbuhan yang tinggi berkelanjutan melebihi lima persen per tahun,"
Paris ( ANTARA News) - Presiden Prancis Francois Hollande pada Rabu berjanji untuk melipatgandakan bantuan kepada negara-negara Afrika dan mempererat hubungan dagang yang cukup untuk membantu menciptakan pos-pos yang diperlukan untuk pencari kerja muda Prancis .

"Afrika adalah benua besok, benua masa depan. Sebuah benua yang telah berhasil mencapai pertumbuhan yang tinggi berkelanjutan melebihi lima persen per tahun," kata Hollande yang dilansir Xinhua.

"Waktu Afrika telah datang dan Prancis harus melihat itu sebagai sebuah peluang ... Jalan antara Prancis dan Afrika bukanlah jalan satu arah," tambahnya.

Berpidato di hadapan peserta forum ekonomi Prancis-Afrika yang diselenggarakan pada Rabu di Paris, Presiden menegaskan bahwa "Prancis harus menggandakan perdagangan dengan Afrika" dari total saat ini 30 miliar euro (40,7 miliar dolar AS).

"Kita bisa memperkirakan 200.000 pekerjaan yang dapat diciptakan di Prancis dalam lima tahun, jika kita menggandakan ekspor kita ke benua Afrika," katanya.

Kepala negara Prancis juga berjanji untuk menggandakan bantuan negara guna membantu skema pembiayaan pembangunan di negara-negara Afrika dari 10 miliar euro yang ditawarkan selama periode 2008-2013.

Berupaya untuk mendapatkan kembali pangsa Prancis di pasar Afrika, Hollande mengumumkan pembentukan sebuah "yayasan Prancis-Afrika untuk pertumbuhan" untuk "mempromosikan bakat dari dua benua kami," yang diharapkan akan diluncurkan pada 2014.

Pejabat tinggi Prancis akan memimpin pertemuan dua hari pada Jumat di Paris dengan fokus tentang ketidakstabilan politik dan ketidakamanan di negara-negara Afrika. (A026/S004)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013