Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan rampungnya jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang akan menjadi hadiah Tahun Baru bagi warga DKI Jakarta.

"Nanti itu jadi hadiah untuk tahun baru aja. Sekarang lagi dikerjain kok, makanya ini buat hadiah Tahun Baru, tadi sudah dirapatkan kok," katanya di Balaikota DKI Jakarta, Senin.

Pembangunan JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang sudah dimulai sejak tahun 2010 dan seharusnya selesai tahun 2012 lalu.

Namun, dalam proses penyelesaiannya, Pemprov DKI Jakarta menilai PT Istaka Karya sebagai pelaksana proyek telah gagal memenuhi target pengerjaan proyek (wanprestasi).

Pembangunan jalan layang dilanjutkan kembali setelah diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Pemprov DKI Jakarta telah beberapa kali mengundurkan target uji coba, sebelum ini Ahok mengatakan uji coba JLNT dilakukan pada minggu ketiga Bulan Desember.

Harapannya, pembangunan jalan tersebut bisa  mengurai kemacetan lalu lintas di kawasan Jalan Prof Dr Satrio. Diperkirakan JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang bisa mengurangi kemacetan hingga  30 persen.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013