Rasa keindonesian ini merupakan ciri khas bagi warga Indonesia di perantauan..."
Jakarta (ANTARA News) - Hujan rintik-rinti berkepanjangan di Jerman tidak menyurutkan langkah kaki Umat Nasrani Indonesia di Jerman untuk berbondong-bondong berkumpul di Wisma Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Frankfurt merayakan Natal pada 25 Desember 2013.

Siaran pers KJRI Frankfurt yang diterima ANTARA News, Jumat, menyebutkan bahwa sekitar 500-an orang Indonesia di wilayah kerja KJRI Frankfurt, dari berbagai agama dan golongan juga berkumpul bersilahtuhrahmi di rumah dinas Konsul Jenderal RI Frankfurt.

Selain para rohaniawan Kristen dan Katolik, hadir para pemuka agama baik dari masyarakat Muslim maupun Hindu Bali, yang turut memberikan ucapan selamat Natal kepada komunitas Nasrani Indonesia di Jerman.
 
“Rasa keindonesian yang dimiliki oleh setiap insan Indonesia di Jerman ini, ternyata mampu mengatasi segala perbedaan, sebesar apa pun perbedaan itu”, ujar Konjen RI Frankfurt, Damos Dumoli Agusman, kepada ANTARA News.  

Pesta Natal, menurut dia, membuat semua warga yang hadir membaur menjadi satu, saling melepas rasa kangen dan tampak suasana silahturahmi khas Indonesia yang sangat menonjol.

“Rasa keindonesian ini merupakan ciri khas bagi warga Indonesia di perantauan, dan merupakan modal utama yang dapat mengekpresikan perasaan sebangsa dan setanah air, yang pada akhirnya mampu mengatasi setiap perbedaan," katanya.

Ia menimpali, "Itulah sebabnya warga Indonesia di luar negeri seperti di Jerman ini sangat mendalam memaknai arti Bhinneka Tunggal Ika."
 
Wakil organisasi masyarakat Indonesia yang juga memberikan sambutan Natal, antara lain Masyarakat Muslim Indonesia (MMI e.V), Nyama Braya Bali (NBB) yang merupakan organisasi masyaraka Indonesia dari Hindu Bali, Persatuan Masyarakat Indonesia Frankfurt (Permif e.V), Deutsch-Indonesische Gesellschaft (DIG) Köln e.V atau dikenal dengan Persahabatan Masyarakat Indonesia-Jerman, dan DIG Rhein-Main.

Acara dilanjutkan dengan persembahan kesenian dan lagu dari masyarakat Indonesia, diantaranya persembahan angklung KJRI Frankfurt dan lagu-lagu dari sejumlah tamu yang hadir.
 
Perayaan acara Natal di Jerman juga diselenggarakan sejak awal Desember oleh masing-masing gereja dan Persekutuan Kristen Indonesia yang jumlahnya cukup besar di lingkungan wilayah kerja KJRI Frankfurt.

Menurut Fungsi Penerangan, Sosial dan Kebudayaan (Pensosbud) KJRI Frankfurt, Catur Hadianto, setidak-tidaknya lebih dari delapan Gereja dan Persekutuan Kristen Indonesia di wilayah kerja KJRI Frankfurt yang juga menyelenggarakan perayaan Natal di wilayah masing-masing.

Komunitas yang terlibat, antara lain Perki NRW, Perki Matius Frankfurt, Perki Stuttgart, Perki Nurnberg,  Gereja Misi Indonesia (GMIF), Masyarakat Kristen Katolik Indonesia (MKIF), Jemaat Indonesia Munchen (JIM), PRII Munchen. (*)

Pewarta: Desy Saputra
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013