Syaratnya cukup mudah, gunakan saja perangkat yang ada seperti handphone (HP) untuk merekam aksi..."
Makassar (ANTARA News) - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) melalui program Digital Icon melibatkan musisi kawakan, antara lain Ahmad Dhani, Tata Janeeta dan Lilo Kla Project melakukan pencarian bakat di dunia maya.

"Kami sengaja menggandeng musisi, seperti Ahmad Dhani, Tata Janeeta dan Lilo Kla Project karena mereka sudah ahli di bidangnya dan mengetahui potensi dari calon-calon selebriti yang masih malu-malu," ujar EGM Division Solution & Convergence Telkom Indonesia Achmad Sugiarto di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Ia mengatakan, alasan mendasar membuat program Digital Icon karena melihat fenomena tingginya pemanfaatan jejaring sosial di Indonesia bisa jadi merupakan energi dari para penggunanya yang hampir 70 persen berusia di bawah 25 tahun.

Biasanya, menurut dia, mereka ingin memiliki eksistensi dan menemukan jati diri tidak hanya di dunia nyata, bahkan di dunia maya. Mereka melakukan beragam cara dan gaya untuk bisa mendapatkan pengakuan melalui cara berbagi (sharing) foto, tulisan atau komentar-komentar ke sesamanya.

Melihat hal itu, maka PT Telkom Indonesia menghadirkan Digital Icon sebagai program pencarian bakat dalam jaringan (daring) di Internet atau online yang menjangkau banyak talenta yang ada di Indonesia.

"Syaratnya cukup mudah, gunakan saja perangkat yang ada seperti handphone (HP) untuk merekam aksi kamu saat bernyanyi dan atau bermain alat musik, kemudian unggah ke www.uzone.co.id," katanya.

Ia mengemukakan, program Digital Icon dikawal langsung oleh tiga musisi besar yang mempunyai reputasi dan nama besar, yakni Ahmad Dhani, Tata Janeeta, Lilo Kla Project.

Program tersebut, menurut dia, tidak main-main karena semua video yang diunggah tidak serta merta akan ditampilkan karena hasil karya para talenta (peserta berbakat) akan dilihat terlebih dulu untuk memastikan bahwa karya tersebut layak ditampilkan.

"Setelah melalui proses moderasi, video kemudian dapat ditonton masyarakat luas dan di vote langsung. Jika menang vote, para talenta akan dijadikan artis dalam manajemen Republik Cinta Management (RCM) yang dikelola langsung Ahmad Dhani, dan mendapatkan uang tunai puluhan juta," ujarnya.

Diungkapkannya, talenta yang ingin ikut serta dapat mengunggah video hasil karya ke Digital Icon mulai tanggal 12 Desember 2013 hingga 4 Maret 2014.

Ia menambahkan, acara grand final nantinya akan ditayangkan melalui salah satu stasiun televisi swasta sekira April 2014, di mana dari penyaringan 80 besar talenta akan didapatkan dua finalis. (*)

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014