Klaten (ANTARA News) - Ratusan warga dan relawan Gunung Merapi di Kabupaten Klaten, bergotong-royong mencari rumput untuk membantu ternak sapi milik para korban banjir di Pati, Jawa Tengah, Selasa.

Ratusan warga yang dibantu relawan Merapi, anggota TNI dan Petugas Penanggulangan Bencana Daerah Klaten tersebut akan mengirimkan bantuan rumput pakan ternak sapi milik korban banjir di Kabupaten Pati, yang kini sangat dibutuhkan pascabanjir.

Menurut Kepala BPBD Klaten Sri Winoto, berdasarkan laporan para relawan asal Klaten yang diperbantukan di daerah banjir di Pati, bantuan untuk korban banjir yang mendesak saat ini berupa pakan ternak.

Menurut Sri Winoto, ternak milik korban banjir di Pati, sudah satu pekan ini, telantar, karena tidak ada pakannya.

Rencananya, kata dia, pihaknya akan segera mengirimkan bantuan pakan ternak berupa rumput sekitar 10 truk untuk ke daerah banjir di Pati.

Ratusan warga lereng Merapi yang dibantu puluhan anggota TNI dan relawan serta petugas BPBD, mulai Selasa, melakukan kerja bakti mencari rumput di sekitar lereng Gunung Merapi di Klaten.

"Kami merasa terpanggil adanya warga Merapi yang bergotong-royong mencari rumput untuk ternak korban banjir di Pati," katanya.

Bahkan, pihaknya akan ikut membantu mengirimkan bantuan tersebut hingga sampia ke lokasi banjir di Pati.

Ia menjelaskan dari laporan para relawan yang bertugas di Pati, banyak ternak sapi yang terlantas karena ditinggal mengungsi pemiliknya. Ternak mereka tidak terurus.

"Kami berharap mampu mengirimkan bantuan rumput sekitar 10 truk ke Pati," katanya.

Menurut Suharno, salah satu relawan Turahan Awu Lereng Merapi, warga Merapi merasa prihatin dengan kondisi korban banjir di Pati. Mereka kemudian bergotong-royong mencari rumput untuk dikirimkan ke Pati.

"Warga merasa prihatin terhadap korban banjir di Pati yang saat ini, masih dalam pengungsian," katanya.

Warga Merapi merasa terpanggil untuk memberikan bantuan meski hanya berupa rumput untuk pakan ternak milik para korban.

Komandan Kodim 0273 Klaten Letkol Inf Thomas Heru Rinawan, mengatakan, bahwa pihaknya telah siap membantu dan mengirimkan anggotannya untuk kerja bakti mencari rumput.

"Kami dengan senang hati dan terpanggil membantu ternak milik korban banjir," kata Thomas Heru Rinawan. 

(B018/R007)

Pewarta: Bambang DM
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014