Setiap peserta harus diposisikan setara dan diperlakukan sama
Bandung (ANTARA News) - Partai Demokrat membantah ada peserta konvensi calon presiden partai yang menjadi "anak emas" sehingga mendapat perlakuan khusus dalam acara terkait serangkaian kegiatan tersebut.

"Tidak ada anak emas, semua (peserta konvensi capres Demokrat) sama (perlakuannya)," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ramadhan Pohan kepada Antara di Bandung, Rabu.

Komentar Ramadhan itu terkait pernyataan salah satu peserta konvensi Dino Pati Djalal yang mengancam mundur dari konvensi apabila ada "anak emas" dalam acara itu.

Menurut dia, Partai Demokrat memberikan kebebasan dan keterbukaan dalam konvensi itu sehingga tidak ada peserta yang menjadi "anak emas" lalu dipastikan menang dalam konvensi.

"Semua (peserta konvensi) berkompetisi secara adil. Saya di tim Gita (Wirjawan), lalu (kader partai) lainnya ada yang mendukung Pak Marzuki Alie, Pramono Edhie Wibowo, dan Dahlan Iskan," ujarnya.

Menurut dia, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono tidak memberikan arahan spesifik kepada kader harus mendukung siapa dalam konvensi. Yudhoyono menurut dia, memberikan kebebasan kadernya mendukung peserta konvensi asalkan sang figur bersih, cerdas, dan santun.

"Pemenang konvensi bukan ditentukan kader namun rakyat melalui survei sehingga tidak perlu saling serang," katanya.

Peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat Dino Patti Djalal menegaskan akan mengundurkan diri dari konvensi apabila ada peserta yang dijadikan "anak emas" dalam acara itu.

"Setiap peserta harus diposisikan setara dan diperlakukan sama," kata Dino dalam keterangan tertulisnya di Bandung, Selasa (4/2).

Dino mengatakan peserta konvensi yang mendapatkan banyak dukungan elit bukan berarti yang bersangkutan menjadi "anak emas" apalagi pemenang konvensi. Dukungan elit demokrat, menurut dia merupakan hak individu masing masing dan tidak mencerminkan sikap partai.

Konvensi Partai Demokrat mengadakan debat terbuka "Debat Bernegara 11 Capres Konvensi Partai Demokrat" di antara 11 peserta konvensi di Harris Hotel and Conventions Festival CityLink Bandung, Rabu (5/2).

Ke 11 peserta yang akan bertarung itu nantinya ialah Dahlan Iskan, Gita Wirjawan, Anies Baswedan, Dino Patti Djalal, Endriartono Sutarto, Ali Masykur Musa, Irman Gusman, Marzuki Alie, Pramono Edhie, dan Sinyo Harry Sarundajang. 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014