Jakarta (ANTARA News) - Distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, Krama Yudha Berlian Motors, merilis varian teranyar double cabin Strada, yakni Mitsubishi Strada Triton Exceed Hi Power dengan beberapa pembaruan dibanding generasi pendahulunya.

Berikut detil fitur Mitsubishi Strada Triton Exceed Hi Power:

Konsep produk


Strada Triton Exceed Hi Power didesain sebagai pick up multiguna 4x4 yang handal, nyaman, dan impresi kokoh di medan off road, namun tetap mewah layaknya kendaraan penumpang. Dan, itu sejalan dengan pasarnya yang menyasar konsumen berkebutuhan kendaraan bermesin tangguh baik untuk usaha maupun keperluan pribadi sebagai penunjang gaya.

Eskterior

Pada badan luar Triton Exceed Hi Power, Mitsubishi mengaplikasikan grille depan tipe horisontal baru untuk memberi kesan gagah dan handal.

Pabrikan Jepang itu juga menempelkan emblem VGT untuk melambangkan kesan tangguh performa mesin turbo diesel pada varian ini.

VGT atau Variable Geometry Turbo merupakan teknologi terbaru yang ditambahkan pada mesin diesel Mitsubishi 2.5 Liter DOCH 16-valve Common Rail Injection. Teknologi tersebut meningkatkan efisiensi secara keseluruhan di semua rentang RPM.

Interior

Interior Hi Power lebih lapang dan modern dengan bangku jok berbalut kulit serta keleluasaan mengakses pintu untuk keluar masuk penumpangnya.

3-Spoke Streering Wheel dan Shift Knob-nya juga terbungkus kulit sehingga memunculkan kesan kemewahan kendaraan penumpang.

Pada dashboard, Mitsubishi menanam Wide 2 Din AM/FM & CD Player (with MP3) untuk melengkapi kenyamanan, dan Multi Mode Meter dengan LCD untuk mengakses berbagai informasi mengenai kendaraan seperti konsumsi bahan bakar, suhu udara di luar, jarak tempuh, serta kondisi lainnya.

Performa

Mesin dieselnya yang ditambahi teknologi VGT, membuat kinerja turbin lebih optimal, mencapai torsi tinggi pada kecepatan rendah dan menghasilkan kekuatan maksimal pada kecepatan tinggi, sehingga dapat menghasilkan output 178PS pada 4000 RPM.

Torsi maksimumnya 35,7 Kgm/1800-3500 RPM untuk varian automatic transmission dan 40,8 Kgm/2000-2850 RPM untuk varian transmisi manual.

Transmisi INVECS II S Speed AT dengan Sport Mode pada varian automatic, membuat perpindahan percepatan halus, sedangkan 5 Speed pada varian manual menciptakan perpindahan percepatan lebih responsif namun tetap halus.

Fitur Easy Select 4WD Shift-on-the-fly memungkinan untuk memindahkan sistem penggerak 2WD ke 4WD ketika kendaraan sedang melaju, asalkan masih dalam kecepatan di bawah 100km/jam.

Fitur LSD (Limited Slip Differential) pada varian ini berfungsi untuk mengatur kestabilan kendaraan saat bermanuver ekstrem di berbagai medan.

Strada Triton Exceed Hi Power memiliki turning radius terkecil dalam kelasnya, hanya 5,9 m, dan ground clearance 235 mm, menambah nyaman di jalanan off road.

Keamanan


Dari sisi safety, Hi Power sudah mengadopsi teknologi Mitsubishi Reinforced Impact Safety Evolution body (RISE) yang menyerap energi benturan, dan membuatnya mendapatkan 4 bintang dalam perlindungan keselamatan penumpang dewasa pada uji tabrakan keras oleh Euro-NCAP.

Selain dual SRS Airbag, fitur Safety release brake pedal menambahi poin keamanan Hi Power karena pedal rem akan melipat ke dalam saat terjadi benturan dari depan untuk menghindari himpitan pedal pada kaki pengemudi tanpa mempengaruhi kerja rem.

Telescope-nya juga akan secara otomatis ke dalam saat terjadi benturan dari depan berkat fitur Collapsible Streering Wheel.

Ventilated Disc 16" Brake-nya mampu memberikan daya cengkram lebih baik ketika pengereman, sementara ABS yang sudah dilengkapi Electronic Brake-force Distribution (EBD) berfungsi mencegah terkuncinya rem pada saat berhenti mendadak dengan pengendalian tinggi.

Mitsubishi membandrol Strada Triton Exceed Hi Power seharga Rp336 juta sudah off the road untuk yang bertransmisi otomatis, sedangkan varian manualnya Rp326 juta.
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014