Kupang (ANTARA News) - PT.Telkomsel dan PT.Telkom menjalin kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) dalam menyediakan layanan komunikasi gratis bagi civitas akademika UMK.

Kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara GM Sales Telkomsel Regional Bali-Nusra Gatot Utomo, GM Telkom Wilayah NTT Aristo Pangaribuan dan Rektor UMK Sandi Maryanto di Kupang, Jumat.

Layanan komunikasi yang disediakan Telkomsel berupa gratis telepon dan SMS sepuasnya antarsesama warga kampus di lingkungan Universitas Muhammadiyah Kupang.

Telkomsel juga memberikan fasilitas Web2SMS sebagai sarana penyampaian informasi seputar kegiatan kampus kepada mahasiswa dan dosen melalui SMS.

"Layanan komunikasi terintegrasi yang kami sediakan secara gratis bagi UMK ini merupakan wujud dukungan kami untuk menunjang aktivitas belajar di kalangan kampus. Kami berharap fasilitas ini dapat mempermudah dan memperlancar komunikasi antar seluruh civitas akademika UMK," kata GM Sales Telkomsel Regional Bali Nusra, Gatot Utomo.

Untuk memenuhi kebutuhan mengakses informasi lewat internet, Telkomsel menyediakan layanan FlashZone memanfaatkan jaringan WiFi.id milik Telkom secara gratis selama 30 menit pertama.

"Cukup menghubungi *303*601# guna mendapatkan password yang dikirimkan melalui SMS. Selanjutnya pelanggan melakukan koneksi WiFi dari ponsel, komputer tablet, atau laptop dengan jaringan WiFi.id," katanya menjelaskan.

Setelah proses aktivasi berhasil dilakukan, layanan internet sudah dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti download/upload, transfer file, media sosial, dan akses informasi bermanfaat lainnya.

Setelah gratis selama 30 menit pertama, selanjutnya pelanggan bisa membeli paket FlashZone dengan harga yang sesuai dengan kantong mahasiswa, mulai dari Rp 2.000 per jam sampai dengan Rp 5.000 per hari.

Tersedia pula paket mingguan mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp25.000, serta paket bulanan mulai dari Rp25.000 sampai dengan Rp50.000.

Dia menambahkan mulai tahun akademik 2014-2015, UMK menerapkan sistem bagi dosen dan mahasiswa untuk mengakses informasi kampus secara online.

"Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Telkomsel dan Telkom yang sudah memfasilitasi layanan komunikasi yang bermanfaat dan baik bagi institusi dan mahasiswa, yang sejalan dengan misi kami," kata Pembantu Rektor I UMK Ahmad Atang.

Ahmad Atang menambahkan, dengan mengimplementasikan sistem informasi online, UMK membawa nilai moral yang bagus dengan memanfaatkan layanan digital. Telkom mendukung misi ini dengan menggelar Indonesia Digital Network di hampir seluruh wilayah NTT.

Di samping memberikan layanan komunikasi gratis, Telkomsel juga mewadahi minat kewirausahaan mahasiswa UMK dengan menyediakan M-Kios sebagai perangkat untuk melakukan isi ulang pulsa sehingga dapat melayani kebutuhan isi ulang pulsa seluruh civitas akademika UMK. 

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014