Beijing (ANTARA News/Xinhua-OANA) - China tengah menelaah dan memberi perhatian besar terhadap kemungkinan Australia menemukan benda yang berkaitan dengan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei, Kamis.

Dua benda yang diduga berkaitan dengan pesawat MH370 telah terlihat oleh satelit di tempat terpencil di bagian selatan Samudra Hindia, kata beberapa pejabat Australia pada Kamis.

Perdana Menteri Australia Tony Abbott memberitahu Parlemen bahwa "informasi baru dan dapat dipercaya" berdasarkan atas citra satelit telah terlihat ada dua benda di laut yang diduga kuat berkaitan dengan pesawat MH370 yang seilang sejak 8 Maret 2014.

Empat pesawat pengawas jarak-jauh, menurut dia, dialihkan untuk meneliti temuan di bagian selatan Samudra Hindia.

China berharap, pihak Australia akan mengirim kapal dan pesawat sesegera mungkin ke perairan terkait untuk melakukan pencarian dan pengabsahan data.

Ia mengatakan, Kementerian Luar Negeri China telah memerintahkan kedutaan besar dan konsulatnya di Australia untuk terus melakukan kontak dengan Pemerintah Australia, serta membantu pihak Australia dalam upaya pencarian dan pertolongan.

Pesawat Malaysia Airlines dengan Nomor Penerbangan MH370 dalam penerbangan dari Kuala Lumpur, Malaysia, ke Beijing, China, secara misterius hilang saat dini hari pada Sabtu, 8 Maret.

Sebanyak 239 penumpang, termasuk 154 warnegara China dan tujuh warga Republik Indonesia (RI), dan awak kabin berada di pesawat tersebut saat pesawat itu kehilangan kontak dengan menawar pengawas lalu lintas udara di Bandar Udara Internasinal Kuala Lumpur (KLIA).
(Uu.C003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014