Beijing (ANTARA News) - Delapan siswa sekolah tewas dalam kecelakaan bus di provinsi pulau selatan Tiongkok Hainan

Kamis dalam perjalanan tamasya sekolah mereka, kata media pemerintah, terbaru dalam serangkaian kecelakaan lalu lintas yang membakar kemarahan masyarakat.

Kecelakaan-kecelakaan melibatkan kendaraan yang membawa anak-anak sekolah menjadi isu sensitif di Tiongkok setelah serangkaian insiden mengerikan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2011, satu protes nasional meletus berkaitan kematian 18 anak-anak murid sekolah taman kanak-kanak setelah truk batubara menabrak van sekolah mereka yang penuh sesak di barat laut negara itu.

Tragedi itu memicu perdana menteri Wen Jiabao berjanji untuk lebih meningkatkan dana pemerintah untuk layanan bus sekolah.

Kantor berita resmi Xinhua melaporkan 32 anak luka-luka dalam kecelakaan Kamis, empat dari mereka serius, ketika bus, yang bepergian bersama dengan 13 lainnya, terbalik.

Penyebab kecelakaan sedang diselidiki, tambahnya.

Daerah-daerah pedesaan Tiongkok dikenal menyediakan transportasi yang tidak aman bagi anak-anak, karena mengalami penuaan, pemeliharaan yang atas alat transportasi jenis van dan truk itu.

(Uu.H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014