dengan digelarnya turisme olahraga ini akan membuat Jakarta sebagai magnet dalam menarik para pelari dan wisatawan dari negara lain untuk berkunjung.
Jakarta (ANTARA News) - Jumlah peserta dalam Mandiri Jakarta Marathon 2014 ditargetkan mencapai 15 ribu orang, yang naik dibandingkan pada Jakarta Marathon 2013 silam yang menargetkan 10 ribu pelari.

"Tahun kedua ini kami targetkan 15 ribu pelari," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, dalam peluncuran (soft launching) Mandiri Jakarta Marathon 2014, di Jakarta, Rabu.

Jakarta sebagai kota besar, menurut dia harus bersaing dengan kota-kota besar lainnya di negara lain. Pihaknya mencontohkan kota London, Paris dan New York yang masing-masing memiliki acara unik tertentu di kotanya untuk menarik para wisatawan berkunjung.

Lari marathon dipilih karena menurut dia, olahraga tersebut saat ini sedang menjadi tren dan digemari banyak orang.

Pihaknya pun percaya diri dengan digelarnya turisme olahraga ini akan membuat Jakarta sebagai magnet dalam menarik para pelari dan wisatawan dari negara lain untuk berkunjung.

"Untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang layak dikunjungi dan aman. Dengan target 15 ribu pelari, pastinya mereka membawa serta keluarganya sehingga diperkirakan 50 ribu orang akan datang pada waktu yang sama sehingga hotel, restoran, mall pasti akan dikunjungi sehingga memberi dampak peningkatan ekonomi," kata dia.

Ajang lomba marathon dengan tajuk Festival City Marathon itu rencananya akan digelar 26 Oktober 2014 dengan titik start dan finish di silang Monas barat daya, Jakarta. Empat kategori nomor lari yang dilombakan, yakni marathon 42,195 km, half marathon 21 km, 10 km dan marathoonz (marathon untuk anak-anak dengan jarak 1,3 km).

Dia menambahkan Jakarta Marathon 2014 menempatkan Jakarta sebagai tuan rumah yang siap menjamu tidak hanya kehadiran para atlet internasional, nasional dan lokal, namun juga para pelancong mancanegara dan domestik.

(A064/Y008)

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014