Jakarta (ANTARA News) - Yayasan Dharma Bhakti Astra meluncurkan buku Direktori Usaha Kecil Menengah Manufaktur Mitra YDBA pada perayaan Hari Ulang Tahunnya ke 34 di Gedung PT Astra Internasional, Jakarta.

"Buku ini diterbitkan untuk memberikan apresiasi kepada UKM, khususnya Mitra YDBA yang telah menunjukkan perkembangan signifikan seiring pertumbuhan bisnis Astra," kata Ketua Pembina YDBA Priyono Sugiarto di Jakarta, Rabu.

Priyono mengatakan, penerbitan direktori ini juga merupakan sarana penyediaan informasi bagi para stakeholder, sehingga mereka dapat lebih mengenal YDBA dan UKM mitra YDBA.

Dalam peluncurannya, Priyono menyerahkan buku tersebut kepada Menteri Perindustrian MS Hidayat dan Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan, yang juga hadir dalam acara tersebut.

"Semua tahu bahwa UKM merupakan jantung dari bisnis di Indonesia. Sekitar 57 hingga 58 persen Produk Domestik Bruto Indonesia tergantung pada UKM, dan dari sana tersedia lapangan kerja yang luas. Untuk itu Astra tidak henti-hentinya ingin mengembangkan UKM," kata Priyono.

Menurutnya, jumlah mitra YDBA saat ini mencapai 8.106 UKM di seluruh Indonesia dan 55 ribu tenaga kerja terserap di dalamnya.

Melalui tema yang bertajuk "Elevate The Competencies", Priyono menyampaikan bahwa YDBA akan berupaya meningkatkan kompetensi para mitranya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015.

"Apabila UKM siap, maka hal ini bisa menjadikan efek domino yang positif kepada industri dan tentunya kepada negeri ini," kata Priyono.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014